Home / Kliping / Pemkab-BPTP Jakarta Kembangkan Pertanian di Lahan Berpasir
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Pemkab-BPTP Jakarta Kembangkan Pertanian di Lahan Berpasir

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta, Kementerian Pertanian akan mengembangkan pertanian pada lahan berpasir di Pulau Payung, Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

“Kerja sama pengembangan pertanian di lahan berpasir ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pertanian dan perekonomian warga di Pulau Payung,” ujar Junaedi, Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Kamis (7/2).

Dikatakan Junaedi, sebelum ini pihaknya juga telah menjalin kerja sama pengembangan pertanian perkotaan dengan BPTP di Pulau Payung dan Pulau Tidung Kecil.

Beberapa produk dari pertanian perkotaan yang dikembangkan itu antara lain, sistem budidaya hidroponik, aquaponik dan budidaya dalam pot, sukun serta tanaman sayuran yang berbasis lahan pasir seperti semangka. Produk pertanian lainnya yang berhasil dikembangkan, yaitu timun suri, kangkung dan sayuran lainnya.

“Kini, hasil dari kerja sama pengembangan pertanian perkotaan tersebut sudah bisa dirasakan oleh warga,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPTP Jakarta Kementerian Pertanian, Etty Herawati mengatakan, pihaknya mengapresiasi dukungan Pemkab yang selama ini telah menyediakan lahan seluas 1 hektare di Pulau Payung sebagai pusat pengembangan pertanian.

“Kita sepakat program itu dilanjutkan tahun ini dengan harapan dapat menambah mata pencaharian dan perekonomian warga,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Beritajakarta.id pada tanggal 7 Februari 2019, dengan judul “Pemkab-BPTP Jakarta Kembangkan Pertanian di Lahan Berpasir”, http://www.beritajakarta.id/read/66053/pemkab-bptp-jakarta-kembangkan-pertanian-di-lahan-berpasir#.XGEIeS2B0Wo.

Penulis : Suparni

Editor : F. Ekodhanto Purba

Check Also

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun sistem koneksi jaringan kelistrikan microgrid di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (19/2/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

BPPT Bangun Jaringan Listrik dari Energi Matahari di Pulau Pramuka

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama dengan …