Home / Kliping / JPO Bundaran Senayan Baru Rampung Maret karena Ini..
Revitalisasi Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Bundaran Senayan, Jakarta Pusat. (KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)
Revitalisasi Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Bundaran Senayan, Jakarta Pusat. (KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

JPO Bundaran Senayan Baru Rampung Maret karena Ini..

JAKARTA, KOMPAS.com – Revitalisasi jembatan penyeberangan orang ( JPO) Bundaran Senayan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat ditargetkan rampung pada pertengahan Mei 2019. Pengawas JPO dan Inspektor PT Permadani Katulistiwa Nusantara (PKN) Pris Febrian Adlis mengatakan, saat ini kontraktor sedang menyempurnakan fasilitas JPO seperti pemasangan lift serta menyelesaikan pembangunan di area sekitar JPO seperti jalur pedestrian dan area taman. “Secara konstruksi, JPO Bundaran Senayan itu sudah lama selesai, yakni sejak awal Januari. Ada beberapa item dari JPO yang belum selesai di daerah sekitar JPO, misalnya pedestrian dan taman,” kata Pris saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (11/2/2019).

Pris menjelaskan, fasilitas lift pada JPO Bundaran Senayan ditargetkan selesai dipasang pada akhir Maret 2019 lantaran lift baru tiba di Jakarta pada akhir Februari 2019. Fasilitas lift itu diperuntukan bagi para penyandang disabilitas yang ingin mengakses JPO Bundaran Senayan. Nantinya, akan ada pemasangan dua lift di JPO tersebut pada sisi timur dan barat. Kapasitas lift mampu menampung 13-15 orang dan dengan kekuatan 1 ton. “Seperti kita ketahui, lift ini kan didatangkan dari China. Pengirimannya terkendala libur Imlek di China sehingga baru bisa sampai di Indonesia pada akhir Februari,” ujar Pris. “Pemasangannya itu membutuhkan waktu sekitar sebulan, sehingga ditargetkan selesai dipasang pada akhir Maret,” sambungnya. JPO Bundaran Senayan akan menggunakan lampu RGB (Red, Green, Blue), yakni sejenis lampu sorot yang bisa memancarkan tiga warna, yaitu merah, hijau, dan biru secara bergantian. Ada delapan titik pemasangan lampu RGD, yakni empat lampu di sisi kiri dan empat lampu lainnya di sisi kanan. “Lampu RGD sudah selesai dipasang. Nanti lampunya itu bisa berputar-putar sendiri, warnanya kadang merah, hijau, dan biru. Pasti bagus,” ujar Pris. Selain itu, tim kontraktor juga telah memasang lima kamera Closed Circuit Television (CCTV).

Nantinya, kata Pris, kamera CCTV akan terkoneksi dengan Halte Transjakarta Bundaran Senayan. “CCTV dan tempat sampah juga sudah ada. Tapi, CCTV itu kan harus terkoneksi dengan halte transjakarta, itu masih proses,” kata Pris. Adapun selain JPO Bundaran Senayan, revitalisasi JPO juga dilakukan pada jembatan lainnya di Jalan Jenderal Sudirman, yaitu JPO Polda Metro Jaya dan JPO Gelora Bung Karno.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “JPO Bundaran Senayan Baru Rampung Maret karena Ini..”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/11/21243591/jpo-bundaran-senayan-baru-rampung-maret-karena-ini.

Penulis : Rindi Nuris Velarosdela

Editor : Andri Donnal Putera

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …