Home / Kegiatan / Kunjungan Perwakilan Kedutaan Besar Amerika
IMG_8516

Kunjungan Perwakilan Kedutaan Besar Amerika

Jakarta, 13 Februari 2019. Elizabeth S. Wharton yang saat ini menjabat sebagai Kepala Unit Kesehatan dan Lingkungan Hidup Kedutaan Besar Amerika untuk Indonesia, berkunjung ke kantor Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungn Hidup. Ibu Elizabeth berkunjung dalam rangka ingin mengetahui konsep Grand Design (GD) yang diiniasi oleh Bapak Deputi, Oswar Mungkasa. Bapak Deputi menjelaskan bahwa konsep tersebut pada dasarnya adalah upaya pemerintah dalam melakukan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan memegang “komitmen” dan “konsensus” dari berbagai pihak terkait. Saat ini, paradigma pembangunan tidak lagi dapatmengandalkan pendekatan top-down saja, namun perlu mengedepankan pendekatan kolaboratif melalui bantuan teknologi. Pendekatan kolaboratif tersebut diharapkan dapat meruntuhkan sekat-sekat antar sektor dalam proses perencanaan.

Bapak Deputi menjelaskan lebih lanjut bahwa GD pada dasarnya disusun untuk menyelesaikan isu tertentu dan berisi permasalahan yang harus dipecahkan, rencana aksi, pentahapan, dan penjelasan peran pemangku kepentingan. GD berbeda dengan Master Plan maupun dokumen petunjuk teknis/pelaksanaan (Juknis/Juklak), dalam arti GD bukanlah dokumen teknis. GD merupakan payung besar yang dapat menjadi acuan dalam membuat Master Plan ataupun Juknis/Juklak. Diharapkan GD dapat berfungsi sebagai masukan bagi dokumen perencanaan pembangunan (contoh: RPJMD, RKPD).

Jakarta saat ini telah memiliki beberapa GD, yaitu 1) GD bangunan Gedung Hijau; 2) GD Sistem Pengelolaan Sampah; 3) GD Air Minum dan Limbah Domestik; 4) GD Pertanian Perkotaan; dan 5) GD Kota Layak Anak. Seluruh GD tersebut dapat diunduh pada http://tarulh.com/category/produk/desain-besar/. Adapun beberapa GD yang sedang disusun, antara lain GD tentang Pengurangan Resiko Bencana dan GD tentang Pembangunan Rendah Emisi.

Check Also

IMG_5989

Focus Group Discussion tentang Partisipasi Kelompok Agama dalam Pembangunan Rendah Emisi di DKI Jakarta

Jakarta, 14 Februari 2019. Kedeputian TRLH bekerjasama dengan ICLEI – Local Governments for Sustainability menyelenggarakan Focus Group Discussion …