Home / Kliping / Pengendara Masih Bingung dengan Penerapan Sistem Satu Arah di Dukuh Bawah
Cone traffic dipasang di kawasan Dukuh Bawah, Jakarta Selatan, saat pemberlakuan uji coba sistem satu arah di kawasan itu. Foto diambil Rabu (13/2/2019).(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)
Cone traffic dipasang di kawasan Dukuh Bawah, Jakarta Selatan, saat pemberlakuan uji coba sistem satu arah di kawasan itu. Foto diambil Rabu (13/2/2019).(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

Pengendara Masih Bingung dengan Penerapan Sistem Satu Arah di Dukuh Bawah

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah pengendara masih belum tahu pemberlakuan uji coba sistem satu arah di kawasan Landmark Tower atau Dukuh Bawah, Setiabudi, Jakarta Selatan. Seorang sopir ojek online bermama Jamaludin mengaku bingung ketika ia tak bisa menuju kawasan Dukuh Bawah dari arah Jalan Jenderal Sudirman. “Saya bingung kok gak boleh lewat lagi ya,” kata Jamaludin kepada Kompas.com, Rabu (13/2/2019). Jamaludin bertanya tentang pengalihan rute kepada petugas Dishub DKI yang berjaga di lokasi.

Selain Jamaludin, ada lima pengendara lainnya yang bertanya kepada petugas dishub terkait uji coba sistem satu arah tersebut pada saat hampir bersamaan. Mereka bertanya jalur alternatif untuk menghindari sistem satu arah. “Kalau mau ke bawah (Dukuh Bawah) harus kemana dong, Pak? tanya pengendara bernama Miftah. Miftah mengaku tidak mengetahui pemberlakuan uji coba sistem satu arah itu. Namun, menurutnya, pemberlakuan aturan itu membuat ruas jalan lebih lancar walaupun masih ada sejumlah pengendara yang kebingungan. “Kemarin saya gak kerja, biasanya kan dari arah (Jalan) Sudirman langsung belok aja, turun ke Dukuh Bawah, tapi ini kok gak boleh. Malah disuruh belok di belokan depannya lagi,” kata Miftah. “Tapi saya liat jalanan jauh lebih lancar ya, biasanya kan lumayan padat karena ada transjakarta juga, terus kendaraan biasanya juga masih bisa menuju Jalan Galunggung dari awah Dukuh Bawah,” lanjut dia. Pada Rabu pukul 08.00 WIB, tampak lima petugas Dinas Perhubungan (dishub) DKI Jakarta dibantu beberapa petugas kepolisian berjaga di sejumlah titik di kawasan Dukuh Bawah. Petugas kepolisian juga memasang cone traffic berwarna oranye sebagai tanda bagi pengendara kendaraan bermotor tidak berbelok ke arah Dukuh Bawah dari arah Jalan Jenderal Sudirman. Cone traffic tersebut juga dipasang dari arah Galunggung dan Jalan Setiabudi Tengah menuju kawasan Dukuh Bawah. Arus lalu lintas tampak ramai lancar walaupun memasuki jam sibuk pada pagi hari. Petugas gabungan yang berjaga di lokasi memberikan informasi terkait uji coba sistem satu arah tersebut kepada pengendara yang kebingungan. Pemberlakuan uji coba sistem satu arah di kawasan Dukuh Bawah diterapkan mulai tanggal 12 Februari hingga 26 Februari 2019.

Berikut adalah rekayasa lalu lintas yang diterapkan selama uji coba tersebut.

– Sisi selatan Landmark Tower yang berada di Jalan Setia Budi Tengah satu arah dari timur ke barat.

– Sisi utara Landmark Tower yang berada di Jalan Galunggung satu arah dari barat ke timur.

– Jalan yang berada di sisi barat Landmark Tower satu arah dari selatan ke utara.

– Jalan yang berada sisi timur Landmark Tower satu arah dari utara ke selatan.

– Pengendara dari simpang Galunggung dilarang belok kanan di sisi barat Landmark Tower.

– Pengendara dari Jalan Setiabudi tengah dilarang belok kanan di sisi timur Landmark Tower.

– Ruas jalan dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Dukuh Bawah ditutup.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengendara Masih Bingung dengan Penerapan Sistem Satu Arah di Dukuh Bawah”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/13/10384191/pengendara-masih-bingung-dengan-penerapan-sistem-satu-arah-di-dukuh-bawah.

Penulis : Rindi Nuris Velarosdela

Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun sistem koneksi jaringan kelistrikan microgrid di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (19/2/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

BPPT Bangun Jaringan Listrik dari Energi Matahari di Pulau Pramuka

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama dengan …