Home / Kliping / Pembangunan Waduk Kampung Rambutan Diklaim Capai 70 Persen
Waduk Rambutan di Ciracas, Jakarta Timur. Kamis (12/3/2015)?(Kompas.com/Robertus Belarminus)
Waduk Rambutan di Ciracas, Jakarta Timur. Kamis (12/3/2015)?(Kompas.com/Robertus Belarminus)

Pembangunan Waduk Kampung Rambutan Diklaim Capai 70 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Seksi Aliran Timur Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Andika Purnomo mengklaim pembangunan Waduk Kampung Rambutan mencapai 70 persen. Pihaknya menargetkan pembangunan proyek yang sudah dilakukan selama empat tahun tersebut akan selesai pada Mei 2019. “Masih terus berlanjut tahun ini, untuk progres 70 persen. Pembentukan tanggulnya target kami bulan Mei selesai,” ujar Andika saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/2/2019).

Setelah terbentuk, pembangunan waduk akan dilanjutkan dengan membangun turap dan pembuatan taman. “Dilanjutkan untuk pembangunan turapnya. Konstruksi fisik ada turap sama naturalisasi taman dan jogging track,” kata dia.  Pembangunan, lanjut dia, berjalan lambat lantaran terkendala pembebasan lahan sejak 2015.

“Dari tahun 2018 awal sudah mulai ngerjain, ada beberapa lahan yang belum bebas. Tahun ini sudah selesai dibebaskan dan siap untuk dibangun kembali,” ujar Andika. Sebelumnya, pengerjaan Waduk Kampung Rambutan di RT 017/006, Jalan Bungur, Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, hingga kini masih terus berjalan. Pantauan Kompas.com di lokasi, terlihat aktivitas pengerjaan dengan alat berat di kawasan lahan kosong tersebut. Beberapa alat berat seperti ekskavator terparkir di atas gundukan tanah. Sejumlah pekerja terlihat berlalu lalang di lokasi seluas 10 hektar tersebut. Saat ini, gundukan tanah merah yang sedang dalam proses pengerjaan tersebut banyak ditumbuhi rumput dan ilalang. Meski demikian, penampakan waduk sudah mulai terlihat dengan adanya galian di tengah lahan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pembangunan Waduk Kampung Rambutan Diklaim Capai 70 Persen”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/13/21204231/pembangunan-waduk-kampung-rambutan-diklaim-capai-70-persen.

Penulis : Ryana Aryadita Umasugi

Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun sistem koneksi jaringan kelistrikan microgrid di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (19/2/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

BPPT Bangun Jaringan Listrik dari Energi Matahari di Pulau Pramuka

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama dengan …