Home / Kliping / Sodetan Dibangun di Jatipadang untuk Antisipasi Banjir
Pasukan biru Dinas Sumber Daya Air membersihkan saluran air di Jalan Ciledug Raya, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).(DOK SUKU DINAS SUMBER DAYA AIR JAKARTA SELATAN)
Pasukan biru Dinas Sumber Daya Air membersihkan saluran air di Jalan Ciledug Raya, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).(DOK SUKU DINAS SUMBER DAYA AIR JAKARTA SELATAN)

Sodetan Dibangun di Jatipadang untuk Antisipasi Banjir

JAKARTA, KOMPAS.com – Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, membangun sodetan di saluran penghubung (PHB) Kali Pulo segmen Gang Haji Yusuf, Jatipadang, Pasar Minggu. Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Selatan Firmansyah menjelaskan, pembangunan sodetan ini pertama diusulkan dari masyarakat. “Maksud dari kegiatan ini adalah tindak lanjut dari usulan masyarakat sekitar khususnya di wilayah Jatipadang, yang menginginkan adanya sodetan untuk membagi debit air Kali Pulo tersebut,” ujar Firmansyah, Minggu (17/2/2019).

Firmansyah menargetkan genangan di Jatipadang tak muncul lagi setelah sodetan dibangun. Pasalnya selama ini, Jatipadang kerap tergenang ketika Kali Pulo meluap. “Sodetan itu terhubung langsung ke saluran eksisting yang sudah ada di Gang Haji Yusuf,” kata Firmansyah. Sebanyak 25 personel serta satu unit pikap dan dua unit truk untuk mengangkut material dikerahkan untuk melakukan pembangunan ini. Ditargetkan sodetan bisa berfungsi Maret 2019. “Pekerjaan tersebut sudah dimulai sejak awal Februari dan ditargetkan dalam jangka waktu satu bulan selesai,” kata dia.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sodetan Dibangun di Jatipadang untuk Antisipasi Banjir”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/17/20111891/sodetan-dibangun-di-jatipadang-untuk-antisipasi-banjir.

Penulis : Nibras Nada Nailufar

Editor : Dian Maharani

Check Also

Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Sungai Ciliwung Akan Jadi Destinasi Wisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah menggodok implementasi rencana menjadikan Sungai Ciliwung …