Home / Kliping / Anies: Citarum Kunci Kualitas Air Bersih untuk Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Hesti Rika).

Anies: Citarum Kunci Kualitas Air Bersih untuk Jakarta

Jakarta, CNN Indonesia — Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa kunci ketersediaan air bersih bagi jutaan warga Jakarta adalah Sungai Citarum. Anies mengatakan jika sungai Citarum tercemar dan tidak bisa dikendalikan, maka Pemprov DKI akan sulit menjamin ketersediaan air bersih bagi Jakarta.

“Kunci kualitas air di DKI Jakarta adalah air sungai Citarum,” Ujar Anies, BPK RI, Senin (18/2/2019)

Anies mengatakan pengelolaan sungai Citarum memiliki dampak yang positif. Sebab dapat meningkatkan kualitas air sungai ini menjadi lebih baik. Tentunya dampak tersebut juga bakal meningkatkan ketersediaan air bersih di DKI Jakarta.

Lebih jauh Anies mengatakan ketersediaan air bersih di Jakarta sejauh ini sangat minim. Sebanyak 40 persen warga Jakarta belum mendapatkan akses air bersih. Hal ini disebabkan karena pasokan air yang berasal dari Citarum sudah semakin tercemar.

“Sejauh ini di Jakarta baru 59,7 persen warga yang terjangkau dengan pipa air bersih. Ini PR tersendiri karena masih ada 40 persen lebih yang belum,” ujar dia.

“Karena itulah mengapa kita harus memastikan dua hal, satu yang 60 persen ini yang sudah ada itu kuantitasnya tidak menurun, yang kedua itu kualitasnya meningkat,” Ujar Anies

Anies melihat, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki ketersediaan air bersih ini, di antaranya mengembalikan desain awal Citarum Barat, meninggikan beberapa jembatan di area Citarum Barat, serta perbaikan pengelolaan air bahkan mengambil alih pengelolaan dari swasta.

“Kita ambil alih pengelolaan air ada empat aspek air baku, pengolahan, distribusi, dan aspek pelayanan. Kami butuh dukung BPK untuk hal ini (audit),” kata Anies.

Untuk itu, Anies memberi instruksi kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan menyiapkan proses pengambilalihan pengolahan air dari swasta.

“Jadi nanti hubungannya business to business dari PDAM ke swasta. Kami pemerintah melalui PMD akan berkonsultasi dengan BPK untuk melakukan audit. Terhitung sebulan dari minggu lalu kami akan segera lakukan kesepakatan terkait hal itu detailnya nanti sambil berlanjut,” tutup Anies.

 

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com pada tanggal Senin, 18/02/2019 20:39 WIB, dengan judul “Anies: Citarum Kunci Kualitas Air Bersih untuk Jakarta”, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190218184327-20-370472/anies-citarum-kunci-kualitas-air-bersih-untuk-jakarta

(sas/osc)

Check Also

Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Sungai Ciliwung Akan Jadi Destinasi Wisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah menggodok implementasi rencana menjadikan Sungai Ciliwung …