Home / Kliping / Anies: Yang Kami Larang Bukan Penggunaan Plastik, melainkan Plastik Sekali Pakai
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (12/2/2019).(KOMPAS.com/ NURSITA SARI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (12/2/2019).(KOMPAS.com/ NURSITA SARI)

Anies: Yang Kami Larang Bukan Penggunaan Plastik, melainkan Plastik Sekali Pakai

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pelaku industri plastik tak mengkhawatirkan larangan penggunaan plastik yang bakal diterapkan di DKI. Sebab, menurut dia, DKI hanya akan melarang plastik sekali pakai. “Industri plastik enggak usah khawatir, yang perlu kami dorong bukan pelarangan penggunaan plastik, tetapi plastik satu kali pakai seperti sedotan,” ujar Anies di Gedung BPK RI, Senin (18/2/2019).

Anies menjamin aturan pembatasan plastik dirumuskan dengan hati-hati. Ia tak ingin masyarakat jadi anti terhadap plastik. Sebab, botol plastik yang bisa digunakan berulang kali justru didorong penggunaannya oleh Pemprov DKI. “Jadi kalau tumbler plastik enggak apa-apa. Jangan sampai kita jadi gerakan antiplastik,” ujar Anies. Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan peraturan gubernur (pergub) tentang pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji sebelumnya mengatakan, pergub ini sudah siap dalam bentuk draf dan akan ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemudian berlaku per Januari 2019. Penerapannya belum terealisasi hingga kini karena Pemprov DKI masih merumuskan sanksi dan denda bagi pelanggar. Setelah Pergub diundangkan, sanksi baru dikenakan enam bulan setelah disahkan.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Anies: Yang Kami Larang Bukan Penggunaan Plastik, melainkan Plastik Sekali Pakai”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/18/18254741/anies-yang-kami-larang-bukan-penggunaan-plastik-melainkan-plastik-sekali.

Penulis : Nibras Nada Nailufar

Editor : Icha Rastika

Check Also

Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Sungai Ciliwung Akan Jadi Destinasi Wisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah menggodok implementasi rencana menjadikan Sungai Ciliwung …