Home / Kliping / Uji Coba MRT, Transjakarta Buka 6 Rute ke Stasiun Lebak Bulus dan Fatmawati
Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta terparkir di Depo MRTJ, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2018). Direktur Utama MRTJ William Sabandar menyatakan, hingga 25 April 2018 proses pembangunan MRT sudah mencapai 93,45 persen. Saat diskusi dengan media dia Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan.(WARTA KOTA/ALEX SUBAN)
Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta terparkir di Depo MRTJ, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2018). Direktur Utama MRTJ William Sabandar menyatakan, hingga 25 April 2018 proses pembangunan MRT sudah mencapai 93,45 persen. Saat diskusi dengan media dia Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan.(WARTA KOTA/ALEX SUBAN)

Uji Coba MRT, Transjakarta Buka 6 Rute ke Stasiun Lebak Bulus dan Fatmawati

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transjakarta berencana membuka enam rute baru mulai 12 Maret 2019, tepatnya saat moda raya terpadu ( MRT) Jakarta mulai diuji coba operasi untuk publik. Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, enam rute itu akan melayani penumpang ke Stasiun MRT Lebak Bulus dan Stasiun MRT Fatmawati. Enam rute itu dibuka sebagai bentuk integrasi antara transjakarta dengan MRT Jakarta. “Lahirnya rute baru yang akan diluncurkan transjakarta untuk integrasi dengan MRT. Ini berpotensi menambah pelanggan transjakarta dan jadi ridership MRT di selatan,” ujar Agung di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019). Enam rute yang akan dibuka yakni Pondok Cabe-Stasiun Lebak Bulus, Cinere-Stasiun Lebak Bulus, Jatijajar-Stasiun Lebak Bulus, Jatijajar-Stasiun Fatmawati, BSD-Stasiun Fatmawati, dan Bintaro-Stasiun Fatmawati. Agung menyampaikan, pembukaan enam rute itu merupakan hasil kajian bersama PT Transjakarta dengan PT MRT Jakarta. Enam rute itu dibuka dari luar Jakarta mengingat pengguna angkutan umum banyak tinggal di daerah penyangga Ibu Kota. “Kenapa banyak berada di kawasan dari luar DKI? Karena realitanya memang komuter itu lebih banyak tinggal di kawasan luar DKI,” kata dia. PT Transjakarta saat ini tengah mengurus izin operasi dari Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan untuk rute BSD dan Bintaro, serta izin dari Dinas Perhubungan Kota Depok untuk rute Pondok Cabe, Cinere, dan Jatijajar. “Sedang mengurus izin agar rute ini beroperasi sama dengan operasi MRT, bahkan saat uji coba publik,” ucap Agung. Uji coba operasi untuk publik atau full trial run MRT Jakarta fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran HI akan dimulai 12 Maret 2019. Pada tanggal tersebut, masyarakat sudah dapat mencoba fasilitas MRT Jakarta. Fase full trial run akan berlangsung hingga peresmian operasional MRT Jakarta pada pekan terakhir Maret 2019. Sebelum menikmati layanan ini, masyarakat harus mendaftar di website MRT Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Uji Coba MRT, Transjakarta Buka 6 Rute ke Stasiun Lebak Bulus dan Fatmawati”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/18/20320951/uji-coba-mrt-transjakarta-buka-6-rute-ke-stasiun-lebak-bulus-dan.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Dian Maharani

Check Also

Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Normalisasi Ciliwung, DKI Bebaskan 118 Bidang Tanah Akhir Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini mengatakan, pihaknya akan membebaskan …