Home / Kliping / BPPT Bangun Jaringan Listrik dari Energi Matahari di Pulau Pramuka
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun sistem koneksi jaringan kelistrikan microgrid di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (19/2/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun sistem koneksi jaringan kelistrikan microgrid di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (19/2/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

BPPT Bangun Jaringan Listrik dari Energi Matahari di Pulau Pramuka

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun sistem koneksi jaringan kelistrikan microgrid di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (19/2/2019). Deputi Teknologi Informasi, Energi, dan Material BPPT Eniya Listiani Dewi mengatakan, microgrid merupakan teknologi yang mampu mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik. Energi listrik itu kemudian disimpan dalam baterai. “Teknologi smart microgrid ini didukung oleh komponen berupa photovoltaik yang akan mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik,” ujar Eniya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Eniya menyampaikan, energi listrik yang disimpan dalam baterai itu dapat digunakan saat pasokan listrik utama dari PLN mengalami gangguan. Dengan demikian, jaringan listrik di Pulau Pramuka akan tetap stabil meskipun listrik yang disuplai PLN lewat bawah laut terganggu. “Keunggulan teknologi smart grid ini utamanya untuk membantu mewujudkan kontinuitas dan kestabilan listrik melalui sistem hybrid PLTS plus baterai dan back up diesel, karena selama ini listrik dari PLN yang lewat laut sering terkendala,” kata Eniya. Menurut Eniya, teknologi ini dibutuhkan di Pulau Pramuka mengingat di sana ada rumah sakit, kantor pemerintah, dan sekolah yang harus selalu tersambung ke jaringan listrik. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik rencana BPPT membangun sistem koneksi jaringan kelistrikan microgrid. Sebab, jaringan listrik ini mampu memfasilitasi kebutuhan warga di Kepulauan Seribu. “Kami ingin Kepulauan Seribu ini menjadi contoh bahwa kepulauan, walaupun pulau-pulau kecil, juga terlayani dengan baik. Project ini akan dimulai sekitar Juni dan harapannya nanti bisa selesai sebelum akhir tahun,” tutur Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “BPPT Bangun Jaringan Listrik dari Energi Matahari di Pulau Pramuka “, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/19/19185961/bppt-bangun-jaringan-listrik-dari-energi-matahari-di-pulau-pramuka.

Penulis : Nursita Sari

Editor : Dian Maharani

Check Also

Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Normalisasi Ciliwung, DKI Bebaskan 118 Bidang Tanah Akhir Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini mengatakan, pihaknya akan membebaskan …