Home / Kliping / Transjakarta Tambah Rute Jelang Uji Coba MRT
Rute baru yang akan dibuka bakal memudahkan penumpang ke Stasiun MRT Lebak Bulus dan Stasiun MRT Fatmawati. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Rute baru yang akan dibuka bakal memudahkan penumpang ke Stasiun MRT Lebak Bulus dan Stasiun MRT Fatmawati. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Transjakarta Tambah Rute Jelang Uji Coba MRT

Jakarta, CNN Indonesia — PT Transjakarta bakal menambah rute baru jelang uji coba operasi untuk publik Moda Raya Terpadu (MRT) mulai 12 Maret. Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan penambahan rute dilakukan di luar kawasan DKI Jakarta.

“Banyak berada di kawasan dari luar DKI, karena realitanya memang komuter itu lebih banyak tinggal di kawasan luar DKI,” kata Agung di Balai Kota DKI Jakarta, kemarin.

Penambahan jalur bakal menjangkau sekitar kawasan permukiman masyarakat sehingga mereka bisa lebih mudah menuju stasiun MRT. Ini merupakan bentuk terintegrasinya MRT dan Transjakarta mendatang.

Rute baru yang bakal dibuka mengantarkan penumpang ke stasiun MRT Lebak Bulus dan stasiun MRT Fatmawati.

Rute baru tersebut adalah Bintaro-Stasiun Fatmawati, BSD-Stasiun Fatmawati, Cinere-Stasiun Lebak Bulus, Pondok Cabe-Stasiun Lebak Bulus, Jatijajar-Stasiun Lebak Bulus, dan Jatijajar-Stasiun Fatmawati.

Agung menyatakan rute-rute baru akan dioperasikan bus besar dan sedang. Ia tak menutup kemungkinan bus kecil seperti Jak Lingko turut beroperasi di kawasan sekitar rute baru.

“Misal rute Jak Lingko di sekitar itu. Kami rekomendasikan disesuaikan atau dialihkan dia masuk ke Stasiun Fatmawati dan Stasiun Lebak Bulus,” tuturnya.

Ia menambahkan masyarakat di sekitaran BSD dan Bintaro bahkan bisa menikmati bus premium, RoyalTrans, ke Stasiun MRT Fatmawati. Jumlah armada disesuaikan dengan jumlah penumpang.

“Bahkan kalau yang dari Bintaro, BSD, itu direncanakan akan ada yang dengan royaltrans,” Agung menegaskan.

Rute BSD-Stasiun Fatmawati dimulai dari Giant BSD, menuju Rawa Buntu, kemudian masuk ke Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR), hingga akhirnya tiba Stasiun Fatmawati.

Sementara itu, rute Bintaro-Stasiun Fatmawati dimulai dari Bintaro Trade Center melalui Tol JORR menuju Stasiun Fatmawati.

Masyarakat perlu membayar sekitar Rp20 ribu-Rp25 ribu untuk menggunakan layanan bus premium ini.

Presiden Joko Widodo pernah menyatakan fasilitas MRT rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia sudah bisa dinikmati masyarakat mulai Maret 2019.

 

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com pada tanggal Rabu, 20/02/2019, 06:27 WIB, dengan judul “Transjakarta Tambah Rute Jelang Uji Coba MRT”, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190219124844-20-370648/transjakarta-tambah-rute-jelang-uji-coba-mrt

Check Also

Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Sungai Ciliwung Akan Jadi Destinasi Wisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah menggodok implementasi rencana menjadikan Sungai Ciliwung …