Home / Kegiatan / Measure What Matters : Benefit of Green Building in Indonesia
green (2)

Measure What Matters : Benefit of Green Building in Indonesia

Jakarta, 20 Februari 2019. Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menghadiri undangan dari International Finance Corporation (IFC). International Finance Corporation (IFC) bekerja sama dengan beberapa pengembang mulai memperkenalkan program Green Building dalam acara green (2) green (3) green (1). Program ini merupakan salah satu wujud komitmen IFC untuk mendukung investasi yang lebih besar di bangunan-bangunan hijau atau bangunan yang ramah lingkungan. Acara media sharing yang diselenggarakan di Multivision Tower, menghadirkan beberapa narasumber antara lain, yaitu Direktur Kementerian PUPR, Pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan, Asia Green Real Estate ( Alex Buechi) dan beberapa praktisi dibidang Bangunan Gedung.

Fokus dari kegiatan ini adalah mengedukasi masyarakat untuk mulai berinvestasi di hunian yang ramah lingkungan.

Banyak yang tidak tahu green building itu apa, apakah hanya bangunan yang berwarna hijau, atau banyak tanaman hijaunya. Tapi lebih dari itu, kita bisa menghemat pengeluaran dan mengurangi penggunaan energi hingga 20 persen.

Hunian ramah lingkungan saat ini sedang gencar disosialisasikan karena dapat menghemat energi dan tagihan bulanan hingga 20 persen. Pada Tahun 2025, 70 persen masyarakat akan tinggal di perkotaan, sehingga hal ini juga berpengaruh bagi developer dan investor karena akan menjadi target pasar yang baru. Salah satu investor yang sudah menjalankan program ini adalah Asian Green Real Estate. Hingga saat ini, sudah banyak investasi yang dilakukan di seluruh Asia termasuk Indonesia. Contohnya seperti proyek Samara Suites, Newton Serviced Apartement hingga Ecoloft. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, sehingga mendirikan bangunan hijau terdengar tidak masuk akal. Pada umumnya investor lain berinvestasi di konstruksi biasa, namun hal lain harus dicoba dalam cara yang lebih baik untuk lingkungan.

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-29 at 4.15.29 PM

Rapat Teknis Persiapan Penyelenggaraan Seminar “Toward a Resillient City with a Sustainable and Smart Approach”

Jakarta, 29 Oktober 2019. Kedutaan Besar Perancis pada tanggal 28 November 2019 bekerjasama dengan Pemprov DKI …