Home / Kliping / Tiga Rute Baru Jak Lingko Dibuka, Salah Satunya Terintegrasi MRT
Logo baru Jak Lingko hasil sayembara ditampilkan di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (10/11/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)
Logo baru Jak Lingko hasil sayembara ditampilkan di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (10/11/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

Tiga Rute Baru Jak Lingko Dibuka, Salah Satunya Terintegrasi MRT

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membuka tiga rute baru layanan Jak Lingko dengan 72 unit bus kecil atau angkot yang dioperasikan. Rute pertama yakni Rawa Sengon-Rawamangun (JAK59) yang akan dioperasikan mulai Kamis (21/2/2019) ini. Rute ini dilayani menggunakan 24 unit angkot. Kemudian, PT Transjakarta juga akan membuka rute Pulogadung-Cempaka Putih (JAK61) mulai Jumat (22/2/2019) dengan 24 angkot. Terakhir, layanan Jak Lingko yang baru yakni rute Lebak Bulus-Ragunan (JAK45). Rute ini akan beroperasi mulai Selasa (26/2/2019).

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, Jak Lingko rute Lebak Bulus-Ragunan nantinya akan terintegrasi dengan layanan moda raya terpadu (MRT) Jakarta. “Ketika MRT Jakarta beroperasi komersial, Transjakarta berekspansi dengan membuka rute penghubung dengan stasiun MRT,” ujar Nadia melalui keterangan tertulis. Nadia menyampaikan, pembukaan tiga rute baru ini menambah layanan Jak Lingko menjadi 34 rute. Jak Lingko sebelumnya sudah beroperasi dengan melayani rute Tanjung Priok-Plumpang, Tanah Abang-Kota, Tanah Abang-Kebayoran Lama, Tanah Abang-Pos Pengumben-Kebayoran Lama, Tanah Abang-Meruya, dan Tanah Abang-Tawakal. Kemudian, rute Tanjung Priok-Bulak Turi, PGC-Condet, Pulogadung-Senen, Pulogadung-Terminal Senen via Kelapa Gading, Stasiun Duren Kalibata-Kuningan, serta Pinang Ranti-Setu. Jak Lingko juga melayani rute Kampung Melayu-Duren Sawit, Lubang Buaya-Cawang UKI, PGC-Dwikora, Penas Kalimalang-Dwikora, Kalisari-Pasar Rebo, Duren Sawit-Rawamangun, Rorotan-Pulogebang, Pasar Rebo-Wiladatika, dan Tanjung Priok-Rusun Sukapura.

Ada pula rute Lebak Bulus-Pondok Labu, Citraland-Meruya, Pondok Labu-Blok M, Petukangan-Lebak Bulus, Pulogadung-Kota, Grogol-Tubagus Angke, Semper-Rorotan, Taman Kota-Budi Luhur, dan Kampung Rambutan-Pondok Gede. Hingga Januari 2019, kata Nadia, penjualan kartu Jak Lingko mencapai 178.003. Penumpang bisa membeli kartu Jak Lingko di halte transjakarta seharga Rp 30.000 dengan saldo Rp 10.000. Sementara pembelian di rute bus kecil, kartu dijual dengan harga Rp 20.000. Untuk memanfaatkan layanan Jak Lingko, masyarakat juga bisa menggunakan kartu TapCash BNI dan Jakcard Bank DKI di bus kecil. “Pengguna layanan Jak Lingko juga terhubung dengan layanan transjakarta di koridor maupun non-koridor,” kata Nadia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tiga Rute Baru Jak Lingko Dibuka, Salah Satunya Terintegrasi MRT”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/21/07340781/tiga-rute-baru-jak-lingko-dibuka-salah-satunya-terintegrasi-mrt.

Penulis : Nursita Sari

Editor : Andri Donnal Putera

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …