Home / Kliping / “Ibu-ibu, Nanti Belanja ke Pasar Bawa Jinjingan Sendiri Ya…”
Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi meresmikan Kampung Cerdas atau cermat dalam mengelola sampah di Kelurahan Cengkareng,Jakarta Barat dalam Perayaan Hari Sampah Nasional, Selasa (26/2/2019). (KOMPAS.com/ TATANG GURITNO)
Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi meresmikan Kampung Cerdas atau cermat dalam mengelola sampah di Kelurahan Cengkareng,Jakarta Barat dalam Perayaan Hari Sampah Nasional, Selasa (26/2/2019). (KOMPAS.com/ TATANG GURITNO)

“Ibu-ibu, Nanti Belanja ke Pasar Bawa Jinjingan Sendiri Ya…”

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam Peringatan Hari Sampah Nasional (HPSN), Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengajak warga untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, salah satunya dengan membawa wadah belanja sendiri ketika ke pasar atau pusat-pusat berbelanjaan.

“Maka ibu-ibu nanti yang belanja ke pasar atau supermarket bawa jinjingan (wadah) sendiri. Jadi bisa mengurangi sampah,” kata Rustam, Selasa (26/2/2019).

Rustam mengatakan, akan ada peraturan gubernur (Pergub) yang mengatur soal sampah, khususnya sampah plastik.

Menurut dia, berdasarkan peraturan itu, nantinya pedagang pasar dan supermarket tidak lagi menyediakan plastik sekali pakai.

“Tetapi menggunakan bahan yang bisa didaur ulang seperti kertas dan sejenisnya,” ucap Rustam.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, setiap harinya Jakarta menghasilkan 7.400 ton sampah plastik.

Dengan adanya pergub tentang pengelolaan sampah plastik, pihaknya berharap akan terjadi pengurangan sampah plastik sebanyak 20 persen per hari.

Dalam Peringatan Hari Sampah Nasional (HPSN) hari ini, Rustam Effendi juga meresmikan kampung cerdas atau cermat dalam mengelola sampah di Kelurahan Cengkareng, Jakarta Barat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “”Ibu-ibu, Nanti Belanja ke Pasar Bawa Jinjingan Sendiri Ya…””, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/26/13393631/ibu-ibu-nanti-belanja-ke-pasar-bawa-jinjingan-sendiri-ya.
Penulis : Tatang Guritno
Editor : Icha Rastika

Check Also

Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Normalisasi Ciliwung, DKI Bebaskan 118 Bidang Tanah Akhir Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini mengatakan, pihaknya akan membebaskan …