Home / Kegiatan / Kerjasama Pemprov DKI Jakarta dalam Pengarustamaan Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca
ACP

Kerjasama Pemprov DKI Jakarta dalam Pengarustamaan Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Pada hari Jumat, 1 Maret 2018 Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup memasilitasi forum Ikhtiar Jakarta/Ambitious City Project (ACP) yang dihadiri oleh ICLEI, IIEE, STT-PLN dan LPLH SDA MUI, untuk membahas rencana implementasi pengarustamaan pengurangan emisi gas rumah kaca di 22 sekolah.

Program ACP/Ikhtiar Jakarta akan melibatkan IIEE dalam penyiapan modul/kurikulum pendidikan terkait pengarusutamaan pengurangan emisi gas rumah kaca. Sementara, STT PLN akan dilibatkan dalam kaitan penyediaan energi dari pengolahan sampah melalui model TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat). Selain itu, MUI juga akan dilibatkan sebagai lembaga keagamaan yang berperan dalam penyadaran pengurangan emisi gas rumah kaca dan dapat dijadikan contoh oleh lembaga keagamaan lainnya untuk diterapkan dalam kurikulum sekolah. Rapat ini sekaligus membahas persiapan dari acara Konsultasi Publik II DKI Jakarta untuk Peningkatan Aksi Iklim Lokal yang Partisipatif dan Inklusif yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 4 Maret 2019.

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh forum Ikhtiar Jakarta/ACP adalah (i) Penanaman pola perilaku hemat energi yang akan melibatkan pendidikan keagamaan dan (ii) Pengembangan pengolahan waste to energy bersamaan dengan momentum pemasangan Surya Atap pada 22 sekolah di DKI Jakarta. Untuk mempersiapkan hal tersebut, beberapa hal yang didiskusikan dalam forum tersebut adalah kriteria sekolah yang akan dipilih, infrastruktur fisik dan infrastruktur sosial.

Check Also

EBT (2)

acara The Opening Ceremony Of The 8th Indonesia EBTKE Conex 2019

Jakarta, 6 November 2019. Sebagai tindak lanjut dari disposisi Gubernur DKI Jakarta, Asisten Deputi Gubernur …