Home / Kliping / Kondisi Tanah Lunak, Jakarta Bisa Rusak Parah jika Gempa Hebat
Ilustrasi Gempa Bumi (KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Ilustrasi Gempa Bumi (KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Kondisi Tanah Lunak, Jakarta Bisa Rusak Parah jika Gempa Hebat

JAKARTA, KOMPAS.com- Wilayah DKI Jakarta yang berada di tepian pantai dikhawatirkan dapat mengalami kerusakan cukup parah bila terjadi gempa bumi hebat di wilayah tersebut.

Peneliti Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Eko Yulianto mengatakan, tanah di Jakarta termasuk endapan muda yang sifatnya relatif lunak.

“Jakarta adalah dataran pantai yang rendah yang isinya endapan muda. Artinya, 7endapan muda itu adalah dia relatif soft,” kata kata Eko dalam diskusi ‘Amankah Jakarta dari Tsunami?’ di Ancol, Kamis (28/2/2019).

Eko menjelaskan, bangunan yang berdiri di atas tanah yang sifatnya lunak dapat mudah roboh saat terjadi guncangan akibat gempa bumi bila dibandingkan tanah yang bersifat keras.

“Seperti bubur yang diguncang, ketika mangkuk kita letakkan, mangkungnya sudah diam tapi buburnya masih itu (terguncang), jadi amplifikasinya lebih kuat,” ujar Eko.

Eko mencontohkan, gempa bermagnitudo 3,3 di sesar Lembang pada 2011 lalu dapat merusak 385 rumah karena kondisi tanah yang lunak, ditambah dengan kondisi bangunan yang tidak berkualitas.

Sedangkan, gempa bumi bermagnitudo 8,3 di Bengkulu pada 2007  menewaskan tiga orang warga karena kondisi tanah yang lebih keras membuat amplifikasi gempanya tidak terlalu kencang.

“Jadi, kalau kita membangun rumah dan ada pilihan di sebelahnya tanah yang keras, gamping misalnya, dan sebelahnya adalah pasir, maka dari perspektif keamanan gempa kita akan memilih yang gamping,” kata Eko.

Ia menambahkan, mayoritas ibu kota provinsi di Indonesia mengalami potensi yang sama seperti Jakarta karena letaknya yang berada di pesisir pulau.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kondisi Tanah Lunak, Jakarta Bisa Rusak Parah jika Gempa Hebat”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/01/08114711/kondisi-tanah-lunak-jakarta-bisa-rusak-parah-jika-gempa-hebat.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Dian Maharani

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis memberikan keterangan kepada awak media usai pelaksanaan apel tanggap musim penghujan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/11/2018).(Kompas.com/SHERLY PUSPITA)

PKB Kritik Upaya Pengendalian Banjir DKI di Bawah Anies 

JAKARTA, KOMPAS.com – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta mengkritik upaya pengendalian banjir yang …