Home / Kegiatan / Audiensi Duta Besar Uruguay untuk Indonesia
IMG_8777

Audiensi Duta Besar Uruguay untuk Indonesia

Jakarta, 6 Maret 2019.  Duta Besar Uruguay untuk Indonesia, HE. Mr. Gerardo Prato, berkunjungan ke Balai Kota DKI Jakarta dalam rangka memperkenalkan diri dengan jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pertemuan turut dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Plt. Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Asisten Deputi Gubernur Bidang Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Komunikasi, informatika, dan statistik; dan Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri.

Duta Besar Uruguay menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Kedutaan Besar Uruguay akan diresmikan. Saat ini, Indonesia dipandang sebagai mitra strategis di Kawasan Asia Tenggara dan ASEAN. Indonesia dan Uruguay memiliki hubungan diplomasi yang sangat erat, dan hubungan tersebut sudah dimulai sejak tahun 1967.

Uruguay juga merupakan salah satu anggota utama dari Mercosur. Mercosur adalah organisasi negara-negara Amerika Selatan yang mengkoordinasikan kegiatan ekonomi, kegiatan kebudayaan, kegiatan sosial, dan kegiatan kesehatan. Anggota utama Mercosur lainnya adalah Argentina, Brazil, dan Paraguay. Kantor utama Mercosur berada di Montevideo, Ibukota Uruguay.

Jakarta dan Montevideo adalah dua ibukota negara dengan berbagai permasalahan yang kurang lebih sama, seperti kemacetan, sanitasi, dan lainnya. Pembeda utama kedua kota adalah skala permasalahan, yang mana Jakarta dihadapkan pada ±10 juta penduduk, sedangkan Montevideo hanya 1,3 juta penduduk. Beberapa peluang kerjasama antara Jakarta dan Montevideo berada namun tidak terbatas disektor pariwisata, pangan, transportasi, dan manajemen perkotaan. Duta Besar Uruguay menyampaikan kesediaan untuk menghubungkan DKI Jakarta dengan Pemerintah Kota di Uruguay untuk menjalin kerjasama.

IMG_8774 IMG_8780

Check Also

IMG_6577

Dialog Publik Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN)

Jakarta, 16 Mei 2019. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS menyelenggarakan Dialog Publik Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dalam …