Home / Kliping / Ditanya Banjir, Anies Jawab “Sensasinya Tak Sebanding dengan Kondisinya”
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

Ditanya Banjir, Anies Jawab “Sensasinya Tak Sebanding dengan Kondisinya”

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mau banyak berkomentar saat ditanya soal banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada Selasa (5/3/2019) pagi.

Dia justru meminta wartawan untuk mengecek jumlah RT yang tergenang banjir dan durasi banjir yang berlangsung di sejumlah wilayah itu.

“Saya berharap teman-teman yang menulis, melihat jumlah RT-nya berapa, durasinya berapa lama, karena sensasinya enggak sebanding dengan kondisinya,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019).

Anies juga tidak mau menjawab soal rencana normalisasi atau naturalisasi sungai yang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta guna mencegah terjadinya banjir di Ibu Kota.

“Nanti deh itu, sudah terlalu sering,” kata Anies.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo mengatakan, BPBD masih memverifikasi data banjir dan genangan yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada Selasa pagi.

“Sedang diverifikasi dan di-cross check dulu di lapangan, berapa lama tergenang dan berapa ketinggiannya. Jadi, mohon maaf dulu ya,” ucap Subejo melalui pesan singkat.

Sebelumnya diberitakan, Kali Bukit Gading Raya (BGR) di kawasan Kelapa Gading meluap pada Selasa dini hari imbas hujan deras yang mengguyur sejak tengah malam.

Luapan Kali BGR menyebabkan genangan dengan ketinggian bervariasi di dua ruas jalan, yaitu Jalan Boulevard Barat Raya dan Jalan Raya Gading Kirana.

Pantauan Kompas.com pada Selasa pagi, tinggi air di Jalan Raya Gading Kirana mencapai 20 sentimeter.

Kemudian, genangan di Jalan Boulevard Barat Raya tampak terkonsentrasi di area parkir ruko-ruko yang memang berbentuk cekung.

Kedalaman air di sana mencapai 20 sentimeter, sementara ketinggian genangan air di jalur kendaraan Jalan Boulevard Barat sekitar 5 sentimeter.

Banjir juga terjadi di sepanjang jalan kompleks Green Garden, Kedoya Utara, Jakarta Barat.

Pantauan Kompas.com pukul 09.20, banjir juga mencapai perempatan Jalan Panjang di depan kompleks Green Garden. Ketinggian banjir 30-40 sentimeter.

Kawasan depan ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, juga banjir setinggi 30-40 sentimeter akibat hujan deras sejak Selasa dini hari.

Pantauan Kompas.com pukul 08.49, air tergenang di sisi jalan dari Kota Tua mengarah ke Gunung Sahari.

Kawasan Grosir Tekstil di samping ITC Mangga Dua juga ikut terendam banjir. Pantauan di lokasi sejak pukul 09.25, ketinggian air di kawasan ruko 30-50 sentimeter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ditanya Banjir, Anies Jawab “Sensasinya Tak Sebanding dengan Kondisinya””, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/05/13531031/ditanya-banjir-anies-jawab-sensasinya-tak-sebanding-dengan-kondisinya.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Andri Donnal Putera

Check Also

Kondisi Bantaran Kali Ciliwung di Jalan Kebon Pala Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarta Timur Pasca Pembersihan Reklamasi, Senin (19/8/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

Harapan Warga dan Langkah Pemkot Setelah Pembongkaran Reklamasi Kali Ciliwung

JAKARTA, KOMPAS.com – Daratan buatan atau reklamasi di bantaran Kali Ciliwung, Jalan Kebon Pala Tanah …