Home / Kliping / Jelang Nyepi, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di Pura Aditya Rawamangun
nyepi

Jelang Nyepi, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di Pura Aditya Rawamangun

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Seksi Lalu Lintas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur Andreas Eman mengatakan, menjelang Hari Raya Nyepi di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas.

“Itu memang dilakukan setiap ada Hari Raya Nyepi. Mengajukan ke kepolisian sudah dilakukan, dari Sudin Perhubungan sifatnya mendukung dengan plottingan anggota, rambu maupun rekayasa lalu lintas apabila berpotensi terjadi kemacetan,” ucap Andreas saat dihubungi wartawan, Selasa (5/3/2019).

Ia juga menyampaikan, Jalan Ahmad Yani yang memiliki dua lajur, yakni lajur lambat dan cepat, akan ditutup lajur lambatnya untuk digunakan sebagai kantong parkir bagi umat Hindu yang beribadah di pura tersebut.

“Kendaraan dari Jalan Pemuda bisa berbelok ke kiri di jalur cepat. Akan ditutup dari tikungan menuju jalan Ahmad Yani,” kata dia.

Jika kemacetan panjang terjadi, hanya akan ada 1 jalur yang bisa digunakan unfuk melewati jalan tersebut. Sementara itu, jalur sisanya akan digunakan untuk parkir.

Selain di lajur lambat Jalan Ahmad Yani, warga dapat memarkirkan kendaraan di gedung sekitar pura, salah satunya Gedung Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Harapan saya masyarakat drop saja sanak saudaranya di dekat pura, lalu yang nyetir cari tempat parkirannya. Jadi enggak bikin macet. Taati juga arahan dari anggota kami yang akan diploting di sana,” kata dia.

Hari Raya Nyepi akan jatuh pada hari Kamis (6/3/2019). Namun, puncak perayaan jatuh pada Rabu (5/3/2019) yang merupakan Tawur Agung Kesanga.

Perayaan Tawur Agung Kesanga di pura tertua di Jakarta ini akan dihadiri 5.000 jemaah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jelang Nyepi, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di Pura Aditya Rawamangun”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/05/21115931/jelang-nyepi-rekayasa-lalu-lintas-diberlakukan-di-pura-aditya-rawamangun.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Icha Rastika

Check Also

Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Sungai Ciliwung Akan Jadi Destinasi Wisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah menggodok implementasi rencana menjadikan Sungai Ciliwung …