Home / Kliping / Temukan Kasur di Kali, UPK Badan Air DKI Minta Warga Tak Buang Sampah Sembarangan
Tim UPK Badan Air Jakarta Barat mengangkat sampah kasur yang ditemukan di alirang kali Grogol, Jakarta Barat, Kamis (7/3/2019). (Dokumentasi UPK Badan Air DKI Jakarta)
Tim UPK Badan Air Jakarta Barat mengangkat sampah kasur yang ditemukan di alirang kali Grogol, Jakarta Barat, Kamis (7/3/2019). (Dokumentasi UPK Badan Air DKI Jakarta)

Temukan Kasur di Kali, UPK Badan Air DKI Minta Warga Tak Buang Sampah Sembarangan

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah penemuan sampah kasur oleh UPK Badan Air DKI Jakarta yang diangkat dari aliran Kali Grogol, Komplek Hankam, Palmerah, Jakarta Barat.

Dikonfirmasi akan hal tersebut, Kepala Satuan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) UPK Badan Air Jakarta Barat Hariyanto Silalahi meminta warga tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

“UPK Badan Air selalu membagikan karung kepada masyarakat yang tinggal di sekitar sungai untuk membuang sampahnya. Jadi buang saja di karung tersebut nanti diambil oleh petugas, jangan dibuang ke sungai,” ujar Hariyanto saat dihubungi Kompas.com, Kamis ( 7/3/2019).

Perilaku warga membuang sampah rumah tangga, terlebih dalam ukuran besar ke sungai diakui Hariyanto sering dilakukan. Bahkan di kali Manggarai, pihaknya pernah menemukan kulkas hingga spring bed.

“Sudah berulang kali diberikan sosialisasi, baik dari Dinas Lingkungan Hidup maupun petugas UPK Badan Air, tapi masih saja ditemukan ( sampah-sampah besar) dibuang ke sungai,” katanya.

Heriyanto menambahkan pembuangan sampah-sampah besar ini dapat menghambat aliran sungai sehingga bisa menimbulkan banjir.

” Sampah besar bisa menimbulkan banjir dan menghambat aliran sungai. Maka jangan dibuang ke sungai. Memang tugas kami untuk menjaga kebersihan sungai di Jakarta,” imbuhnya.

Sebelumnya, sampah besar juga ditemukan di sungai Sodetan Sekretaris, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

“Dikira sampah biasa karena mengambang. Waktu diambil petugas ternyata sofa panjang,” ujar Tim Media Sosial UPK Badan Air DKI Jakarta Endriyanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Temukan Kasur di Kali, UPK Badan Air DKI Minta Warga Tak Buang Sampah Sembarangan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/07/18435951/temukan-kasur-di-kali-upk-badan-air-dki-minta-warga-tak-buang-sampah.
Penulis : Tatang Guritno
Editor : Dian Maharani

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …