Home / Kegiatan / Audiensi Praktisi Industri Pariwisata
IMG-8808

Audiensi Praktisi Industri Pariwisata

Jakarta, 12 Maret 2019. Plt. Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwasata, Oswar Mungkasa, menyambut audiensi dari beberapa praktisi industri pariwisata di Indonesia, salah satunya adalah ibu Indra Sukirno selaku direktur dari Jakarta Convention & Exhibition Bureau (JCNEB). Ibu Indra dan rekan melakukan audiensi dalam rangka membahas arah kepariwisataan DKI Jakarta kedepannya. Disampaikan oleh Ibu Indra, bahwa kondisi tourism dan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di DKI Jakarta semakin mengawatirkan. DKI Jakarta yang dulunya selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan kepariwisataan Indonesia saat ini sudah mulai jarang ditengok oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah lainnya. Perlu ada langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan kembali potensi dan kualitas kepariwisataan DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Bapak Oswar Mungkasa menyampaikan bahwa saat ini dibutuhkan perencanaan pariwisata dengan pendekatan kolaboratif. Diakui bahwa salah satu kelemahan pemerintah saat ini adalah adanya kecenderungan “working in silo” atau bekerja secara sendiri-sendiri/terpisah, sehingga menyebabkan beberapa pelaksanaan kegiatan tidak selaras. Saat ini, Kedeputian Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata  sedang menginisiasi penyusunan Grand Design (GD) kepariwisataan. GD adalah suatu rencana kerja yang dihasilkan dari konsensus berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun non-pemerintah. GD pertama kepariwisataan DKI Jakarta, akan difokuskan untuk pengembangan KSPN DKI Jakarta, yaitu Kawasan Kota Tua dan Kep. Seribu. Dalam penyusunan GD tersebut, direncanakan akan dibentuk forum dan diskusi-diskusi terkait kepariwisataan di DKI Jakarta. Bapak Deputi mengharapkan bahwa rekan-rekan pelaku industri pariwisata dapat turut aktif berbagi pengalaman serta memberikan masukan maupun solusi untuk pengembangan kepariwisataan DKI Jakarta.

 

IMG-8806 IMG-8805

Check Also

IMG_6577

Dialog Publik Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN)

Jakarta, 16 Mei 2019. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS menyelenggarakan Dialog Publik Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dalam …