Home / Kliping / Susi Minta Pemprov DKI Data Ikan di Pelabuhan Muara Baru
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berbelanja usai meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru di Jakarta. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berbelanja usai meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru di Jakarta. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Susi Minta Pemprov DKI Data Ikan di Pelabuhan Muara Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti meminta Pemrintah Provinsi DKI Jakarta mendata perikanan yang sampai di Pelabuhan Muara Baru. Ikan-ikan ini yang nanti akan didistribusikan secara langsung ke Pasar Ikan Modern Muara Baru.

“Saya tunggu Pemprov DKI Jakarta untuk jalankan Perda sehingga semua ikan terdata,” kata Susi saat peresmian Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta, Rabu (13/3).

Dengan demikian, kata Susi, diharapkan Pasar Ikan Modern Muara Baru bisa semakin berkembang. Selain itu, data perikanan di pasar tersebut juga menjadi terintegrasi dengan data hasil tangkapan ikan di Pelabuhan Muara Baru.

“kita akan kembangkan dengan integrasi. Nanti seluruh ikan yang turun dari kapal di Muara Baru harus masuk pelelangan ikan. Jadi kalau ikan sampai di pelabuhan tinggal dikirim ke pasar,” katanya.
Susi bercerita, selama ini ikan yang tercatat hanya berkisar 20-30 persen dari total tangkapan. Sisanya, jumlah ikan tersebut tidak terdata oleh pemerintah akibat adanya unreported fishing.
Menurut dia, hal tersebut berdampak pada penerimaan pajak negara dari sektor perikanan. Pengelolaan dan pengintegrasian yang baik menurut Susi harus dimulai dari kapal perikanan di pelabuhan.
Persiapan pedagang ikan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru jelang peresmian. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Persiapan pedagang ikan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru jelang peresmian. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
“Pajak kecil, hanya sekitar 1 persen, seharusnya 10-15 persen lah. Jadi kalau pajak hanya Rp 1 triliun, padahal sebelumnya pajak perikanan saya lihat hanya Rp 250 miliar,” tuturnya.

Pasar Ikan Modern Muara Baru malam ini diresmikan Presiden Jokowi, didampingi Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Susi berharap Pasar Ikan Modern Muara Baru dapat menjadi contoh bagi pemerintah daerah atau provinsi lain di seluruh Indonesia, untuk menjamin ketersediaan ikan di daerah masing-masing.

“PIM ini juga merupakan terobosan one stop shopping aneka produk perikanan dan sekaligus destinasi wisata. Desainnya juga melihat dari negara maju seperti Jepang,” kata Susi.

Artikel ini telah tayang di kumparan.com dengan judul “Susi Minta Pemprov DKI Data Ikan di Pelabuhan Muara Baru”, https://kumparan.com/@kumparanbisnis/susi-minta-pemprov-dki-data-ikan-di-pelabuhan-muara-baru-1552486522680831368
Penulis : Angga Sukmawijaya
Editor : Elsa Touran

Check Also

Direktur Utama PT Transjakarta yang baru, Agung Wicaksono, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/10/2018). (KOMPAS.com/JESSI CARINA )

Dalam Proyek Rp 571 Triliun, DKI Akan Kembangkan Transjakarta dan Jak Lingko

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan proposal proyek infrastruktur senilai Rp 571 triliun ke …