Home / Kliping / BPTJ: 2020 LRT Cibubur-Baranangsiang Akan Dibangun
Light Rail Transit (LRT) Palembang telah menetapkan sistem integrasi dengan BRT untuk menarik minat masyarakat, Jumat (22/2/2019).(KOMPAS.com/AJI YK PUTRA)
Light Rail Transit (LRT) Palembang telah menetapkan sistem integrasi dengan BRT untuk menarik minat masyarakat, Jumat (22/2/2019).(KOMPAS.com/AJI YK PUTRA)

BPTJ: 2020 LRT Cibubur-Baranangsiang Akan Dibangun

DEPOK, KOMPAS.com – Direktur Prasarana Badan pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Heru Wisnu Wibowo mengatakan, pihaknya akan membangun light rail transit ( LRT) dari Cibubur hingga Terminal Barananggsiang, Bogor, pada 2020. “Tahun 2017 sudah selesai pra-studi kelayakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Tahun ini (2019) mau dilanjutkan ke final business atau studi kelayakan, jadi tahun depan sudah bisa dibangun (LRT Cibubur hingga Baranangsiang),” ujar Heru, di Tapos, Depok, Kamis (14/3/2019).

Dalam pembangunan LRT ini, pihaknya akan menggandeng perusahaan swasta yang berminat dengan menggunakan skema kerja sama pemerintah-badan usaha (KPBU). “Setelah selesai studi kelayakan, akan dilanjutkan ke proses lelang. Kalau yang LRT Cawang-Cibubur kan kontraktornya PT Adhi Karya owner-nya PT MRT. Nah untuk kelanjutannya itu akan dibangun oleh swasta dengan cara lelang,” ujar dia. Sejauh ini, pembangunan proyek LRT Jabodebek fase I hingga Januari 2019 telah mencapai 56,1 persen. Pembangunan LRT Jabodebek fase I membentang dari Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang kemudian Cawang-Dukuh Atas.

Rute LRT Jabodebek membentang sepanjang 44,3 kilometer. Progress untuk rute Cawang-Cibubur 76,21 persen, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 44,19 persen, dan Cawang-Bekasi Timur 51,06 persen.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “BPTJ: 2020 LRT Cibubur-Baranangsiang Akan Dibangun”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/14/21204371/bptj-2020-lrt-cibubur-baranangsiang-akan-dibangun.
Penulis : Cynthia Lova
Editor : Icha Rastika

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …