Home / Kliping / Poktan Kujang Optimalkan Pertanian Perkotaan di Bantaran Kali Baru
(Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)
(Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Poktan Kujang Optimalkan Pertanian Perkotaan di Bantaran Kali Baru

Kelompok Tani Kebun Utan Panjang (Poktan Kujang) memanfaatkan lahan di bantaran Kali Baru, Kelurahan Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat untuk urban farming atau pertanian perkotaan.

Pantauan beritajakarta.id, lahan seluas kurang lebih 200 meter dimanfaatkan untuk menanam beragam jenis sayuran dan buah.

Salah seorang anggota Poktan Kujang, Ratiman mengatakan, melalui penerapan pertanian perkotaan tersebut telah berhasil dilakukan dua kali panen pakcoi dan caisim hingga 45 kilogram.

“Hasil panen itu belum sampai dijual, hanya kita bagikan ke warga sekitar. Saat ini, lahan itu kita manfaatkan untuk menanam cabai, singkong, kacang panjang, pare dan melon,” ujarnya, Kamis (14/3).

Sementara, Lurah Utan Panjang, Eti Kusmiati menuturkan, pihaknya terus melakukan pendampingan bagi Poktan Kujang. Sehingga, lahan-lahan yang tidak produktif bisa digunakan untuk pertanian perkotaan.

“Keterbatasan lahan akan kita imbangi dengan inovasi untuk mengembangkan pertanian perkotaan. Harapannya, selain lingkungan menjadi hijau dan asri, warga juga bisa mendapatkan penghasilan,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di beritajakarta.id dengan judul “Poktan Kujang Optimalkan Pertanian Perkotaan di Bantaran Kali Baru”, http://www.beritajakarta.id/read/67163/poktan-kujang-optimalkan-pertanian-perkotaan-di-bantaran-kali-baru#.XIsE9igzaUk
Reporter : Maulana Khamal Macharani
Editor : Toni Riyanto

Check Also

Penampakan lahan buatan dan rumah di bantaran Kali Ciliwung, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019)(KOMPAS.COM/WALDA MARISON)

Menguak Awal Mula Terjadinya Reklamasi Kali Ciliwung hingga Respons Pakar Tata Kota

JAKARTA,KOMPAS.com – Polemik dataran buatan atau “reklamasi” di bantaran kali Ciliwung menjadi topik hangat yang …