Home / Kliping / Hampir 2 Tahun Kosong, Rusunawa KS Tubun Dipastikan Segera Dihuni
Rumah Susun KS Tubun di Jalan KS Tubun Raya, Palmerah, Jakarta Barat pada Senin (12/3/2018). (RIMA WAHYUNINGRUM)
Rumah Susun KS Tubun di Jalan KS Tubun Raya, Palmerah, Jakarta Barat pada Senin (12/3/2018). (RIMA WAHYUNINGRUM)

Hampir 2 Tahun Kosong, Rusunawa KS Tubun Dipastikan Segera Dihuni

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Kelik Indriyanto memastikan, Rusunawa KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat, bakal segera dihuni. Sejak rampung dua tahun lalu, Rusunawa KS Tubun kosong karena belum ada dasar hukum yang mengatur tarifnya. Kelik mengatakan kini pihaknya sudah menyelesaikan masalah tarif itu. “Terakhir minggu ini dirapatin di dinas, sudah kami akan sampaikan ke Pak Gubernur. Dalam waktu dekat insya Allah di tangan Pak Gubernur,” kata Kelik di Jakarta, Minggu (17/3/2019). Menurut Kelik, setelah Anies meneken peraturan gubernur (pergub) penetapan tarif, pihaknya bisa segera menyewakan unit-unit Rusunawa KS Tubun. Pihaknya sudah memverifikasi calon penghuni. “Tarifnya diusulkan Rp 1,5 juta. Tunggu kami dapat pergubnya dari Pak Gubernur baru kami bisa sewakan,” ujar dia.

Rusunawa KS Tubun rampung dibangun pada April 2017. Namun rusunawa tak kunjung disewakan sebab menanti dasar hukum untuk penentuan tarifnya. Tarif rusun komersial seperti di KS Tubun belum diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi. Karena itu, harus ada revisi perda terlebih dahulu untuk penetapan tarif. Namun belakangan diputuskan penetapan tarif sementara bisa dilakukan dengan pergub sambil menunggu proses perda selesai. Ada tiga tower di Rusunawa KS Tubun yang terdiri dari 16 lantai atau 524 unit dengan fasilitas berbeda pada beberapa bagian. Lantai 1 berisi kantor pengelola, ruang taman belajar pendidikan anak usia dini (PAUD), ruang kesehatan, aula, dan bank yang masih kosong. Di lantai 2 dan 3 berisi ruang usaha yang berderet dengan total 113 ruang. Ada pula Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bambu Kuning di halaman rusun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hampir 2 Tahun Kosong, Rusunawa KS Tubun Dipastikan Segera Dihuni”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/17/20251901/hampir-2-tahun-kosong-rusunawa-ks-tubun-dipastikan-segera-dihuni.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Kondisi Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).(KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA)

Pro Kontra Masyarakat Terkait PKL yang Masih Menjamur di Atas Trotoar

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pedagang kaki lima (PKL) di trotoar Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta …