Home / Kliping / Rusunawa Pasar Rumput Hanya Bisa Disewa Warga Ber-KTP DKI
Rusunawa Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019)(KOMPAS.com/ JIMMY RAMADHAN AZHARI)
Rusunawa Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019)(KOMPAS.com/ JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Rusunawa Pasar Rumput Hanya Bisa Disewa Warga Ber-KTP DKI

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kelik Indriyanto mengatakan, rumah susun sewa (rusunawa) Pasar Rumput, Jakarta Selatan, bakal segera diserahkan ke Pemprov DKI. Pemprov DKI bakal menyewakan rusunawa tersebut kepada warga yang ber-KTP DKI Jakarta. “Rumah sewa itu untuk KTP DKI,” kata Kelik di Jakarta, Minggu (17/3/2019). Menurut Kelik, Rusunawa Pasar Rumput saat ini masih dalam tahap finalisasi, dan dipastikan bisa dihuni pada tahun ini. “Nanti akan dikelola DKI itu. Menunggu serah terima. Kan belum 100 persen itu,” ujar Kelik.

Rusunawa Pasar Rumput dibangun oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Rumah Susun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR sejak 2016. Bangunan rusunawa ini berdiri di bekas pasar tradisional Pasar Rumput yang dimiliki Perumda Pasar Jaya. Rusunawa Pasar Rumput terdiri dari tiga tower yang masing-masing mencakup 25 lantai. Secara keseluruhan, terdapat 1.984 unit hunian bertipe 36 dan tersedia pula 1.314 unit kios. Nilai kontrak pembangunannya Rp 961,3 miliar yang diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Bertindak sebagai perencana pembangunan PT Adhikakarsa Pratama, sedangkan kontraktor pelaksananya PT Waskita Karya, dan PT Ciria Jasa Cipta Mandiri sebagai konsultan. Pada Mei 2017, Djarot Saiful Hidayat, yang saat itu menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta mengatakan, rusunawa diprioritaskan untuk warga relokasi. Selain itu, Djarot mengatakan, Rusun Pasar Rumput nantinya boleh disewa oleh warga yang tidak memiliki rumah dan mengalami kesulitan hidup. Warga dari luar Jakarta tetapi bekerja di DKI Jakarta juga boleh menyewa rusunawa tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Rusunawa Pasar Rumput Hanya Bisa Disewa Warga Ber-KTP DKI “, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/17/18520511/rusunawa-pasar-rumput-hanya-bisa-disewa-warga-ber-ktp-dki.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Check Also

Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Normalisasi Ciliwung, DKI Bebaskan 118 Bidang Tanah Akhir Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini mengatakan, pihaknya akan membebaskan …