Home / Kliping / Pembangunan MRT, LRT, dan Transjakarta Akan Digenjot
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditemui setelah membuka acara Musrenbang Jakarta Utara, Selasa (19/3/2019). (Kompas.com / Tatang Guritno)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditemui setelah membuka acara Musrenbang Jakarta Utara, Selasa (19/3/2019). (Kompas.com / Tatang Guritno)

Pembangunan MRT, LRT, dan Transjakarta Akan Digenjot

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Jakarta Utara, Selasa (19/3/2019), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan dalam 10 tahun ke depan pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT), Light Rail Transit (LRT), dan Trans Jakarta akan digenjot. Anies mengatakan hal tersebut setelah usulannya kepada pemerintah pusat dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Merdeka tadi pagi disetujui. “Pilihannya Jakarta mau dibangun bertahap dengan waktu 30 tahun, atau digenjot dalam waktu 10 tahun? Jika digenjot (lintasan) MRT akan dibangun sepanjang 231 kilometer, LRT sekitar 200 kilometer dan Trans Jakarta 21.000 kilometer,” papar Anies.

Dalam ratas tersebut Anies mengajukan proposal sebesar 571 triliun untuk pembangunan infrastruktur DKI Jakarta dalam 10 tahun ke depan. “Anggaran ini merupakan angka fantastis. Tapi untuk dana untuk 10 tahun. Jadi jika dihitung per tahun kita hanya punya 5,7 triliun untuk memecahkan seluruh masalah mendasar di Jakarta,” kata dia. Anies melanjutkan, dana tersebut juga akan digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah dasar di Jakarta, seperti pemerataan kebutuhan air bersih, dan pengelolaan limbah. “Bicara limbah kita harus serius. Jika Jakarta ibarat rumah, maka kita jangan cuma mengurus ruang tamu, ruang tengah dan dapur. Tapi juga harus mengurus kamar mandi. Jika tidak maka rumah itu tidak akan jadi rumah yang baik,” kata dia. Anies berpesan pada para peserta Musrenbang untuk menggunakan metode kolaborasi dengan masyarakat dalam menyelesaikan segala masalah di wilayah masing-masing.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pembangunan MRT, LRT, dan Transjakarta Akan Digenjot”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/19/20105711/pembangunan-mrt-lrt-dan-transjakarta-akan-digenjot.
Penulis : Tatang Guritno
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Kondisi Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).(KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA)

Pro Kontra Masyarakat Terkait PKL yang Masih Menjamur di Atas Trotoar

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pedagang kaki lima (PKL) di trotoar Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta …