Home / Kegiatan / Menghadiri Kongres Sungai Indonesia
WhatsApp Image 2019-03-21 at 10.04.28 AM

Menghadiri Kongres Sungai Indonesia

Jakarta, 21 Maret 2019. Kongres Sungai Indonesia (KSI) merupakan wadah berbagi informasi, pengetahuan, dan keterampilan antarkomunitas peduli sungai se-Indonesia. Diharapkan melalui kongres tersebut dapat diperoleh strategi dalam peningkatan kualitas sungai secara kolaboratif dari masing-masing pemangku kepentingan. Kongres Sungai Indonesia 4.0 yang diselenggarakan pada tahun 2019 mengusung tema “Sungai sebagai Pusat Peradaban Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia”. Kongres tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Lingkungan Hidup, akademisi, dan komunitas masyarakat terkait.

Dalam acara tersebut, Asdep Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Lingkungan menyampaikan dalam sambutan bahwa banyak sungai di kawasan perkotaan mengalami penurunan fungsi, penyempitan, pendangkalan dan pencemaran akibat desakan kepentingan penduduk. Saat ini, pengelolaan limbah yang dilakukan hanya sebatas mengurangi limbah dan mengolah limbah. Upaya tersebut perlu ditingkatkan lebih jauh, yaitu pengelolaan limbah menjadi sumber daya air bersih yang bisa dimanfaatkan.

Asdep Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Lingkungan Hidup meneruskan, bahwa instalasi Pengolahan Air Limbah di Jakarta hanya tersedua di Setiabudi, dan cakupannya masih di bawah 5 persen dari seluruh limbah cair di Jakarta. Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) akan membangun Sistem Pengelolaan Air Limbah Terpadu atau Jakarta Sewerage System (JSS) yang tersebar di 15 zona. Dari 15 zona, pengelolaan limbah terpadu tersebut akan diawali pengembangannya di zona 1 yang berlokasi di Pluit dan zona 6 di Duri Kosambi. Tentunya, upaya yang dilakukan oleh DKI Jakarta perlu didukung oleh Pemerintah Daerah disekitar jakarta, yaitu Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Pada dasarnya, Pemerintah DKI Jakarta menyambut baik KSI 4.0 tahun 2019 dan berharap bisa mendapatkan masukan positif dalam menanggulangi permasalahan sungai utamanya di DKI Jakarta.

 

WhatsApp Image 2019-03-21 at 10.04.26 AM WhatsApp Image 2019-03-21 at 10.04.26 AM (1)

 

 

 

Check Also

IMG_9495

Kunjungan Tim Sangga Buana (Babeh Idin)

Jakarta, 16 April 2019. Yayasan Sangga Buana hari ini melakukan kunjungan ke kantor Deputi Gubernur …