Home / Kliping / Transjakarta Uji Coba Bus Listrik, Rute Pertama Bundaran Senayan – Monas
Bus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)
Bus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)

Transjakarta Uji Coba Bus Listrik, Rute Pertama Bundaran Senayan – Monas

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transjakarta akan melakukan uji coba bus listrik. Uji coba akan dilakukan di rute Bundaran Senayan – Monas di jalur feeder atau non-bus rapid transit (BRT). “Kami menargetkan salah satu rute yang akan kami uji coba adalah dari Bunsen (Bundaran Senayan) ke Monas. Karena Pak Gubernur punya pesan agar lakukan pada kawasan yang membangun perhatian publik atau kesadaran publik (public awareness),” ujar Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono, di Jakarta International Expo, Kamis (21/3/2019). Menurut Agung, Bundaran Senayan – Monas menjadi titik uji coba bus listrik karena berada di pusat kota dan bisa menjadi perhatian masyarakat. Jalur tersebut juga nanti bersinggungan dengan MRT.

“Itu akan sangat terlihat bagaimana bus listrik ini akan betul-betul berjalan dan persis di tengah kota. Di situ bawahnya ada MRT, angkutan massal yang bersih, di atasnya juga kita inginkan ada angkutan yang bersih yaitu bus listrik,” ujar dia. Uji coba ini akan dilakukan mulai Mei 2019. Rencananya uji coba dilakukan selama enam bulan dengan mengoperasikan 10 bus listrik. Agung mengungkapkan, pihaknya tengah menyiapkan regulasi agar dapat menguji coba bus listrik di jalanan Jakarta. “Kami berharap dalam waktu dekat semuanya bisa menjalani uji tes sesuai regulasi sehingga bisa diuji cobakan segera,” kata Agung.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Transjakarta Uji Coba Bus Listrik, Rute Pertama Bundaran Senayan – Monas”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/21/17304571/transjakarta-uji-coba-bus-listrik-rute-pertama-bundaran-senayan-monas.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

994313215

Walhi Peringati Hari Bumi: Darurat Sampah, Pulihkan Jakarta Sekarang!

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah anggota Wahana Lingkungan Hidup ( Walhi) menggelar aksi dalam rangka memperingati …