Home / Kegiatan / Peringatan Hari Air Sedunia Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019
WhatsApp Image 2019-03-24 at 4.16.01 PM

Peringatan Hari Air Sedunia Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019

Tanpa air kita hanya bisa hidup paling lama 3 hari. Bisa dibayangkan jika sebuah kota.. komunitas.. keluarga .. individu.. menggunakan air yang tidak layak.. ini yang terjadi di banyak kota dunia..

Untuk itu.. Hari Air Sedunia yang ditetapkan oleh PBB pada tanggal 22 Maret setiap tahunnya menjadi momen pengingat bagi kita semua akan pentingnya ketersediaan air.
Kali ini tema yang diusung adalah “Leaving No One Behind #Water for All” yang mengedepankan ketersediaan air bersih dan aman dikonsumsi oleh semua. Upaya ini tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah tapi kita semua.

Peringatan Hari Air di DKI Jakarta dipusatkan di Dermaga Perahu Karet, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Berbagai pihak hadir diantaranya Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Wakil Walikota Jakarta Selatan, Plt Kadis Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Kepala BBWSCC, perwakilan kementerian PUPR, Kopasus, kepolisian, kodam Jaya, perwakilan perusahaan seperti PLN Peduli, Kompas Gramedia, penggiat sekolah Ciliwung Bersih, tokoh masyarakat, pelajar, pramuka, abang none Jakarta dan lainnya.
Para peserta berkesempatan mengarungi sungai Ciliwung beberapa saat. Terlihat kondisi sungai relatif lebih baik walaupun sampah masih dapat ditemui pada beberapa lokasi. Selain itu, pembuangan air limbah peternakan sapi, pabrik tahu masih ditemui di sepanjang sungai yang walaupun berada di daerah tetangga tapi limbahnya akan terbawa ke hilir menuju Jakarta. Dibutuhkan kolaborasi dengan daerah sekitar dalam mengelola sungai Ciliwung.
Di bantaran sungai, dilakukan pelepasan benih ikan mujair dan penanaman pohon. Masyarakat sekitar dan sekolah juga menampilkan hasil karyanya berupa pemanfaatan ulang sampah menjadi beragam bentuk barang.

Beberapa lomba juga dilaksanakan seperti mencipta tas belanja, dan lomba foto.
Semoga peringatan air sedunia bermanfaat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga sumber air dengan berhemat, memanfaatkan sumber air alternatif seperti air hujan, meningkatkan kuantitas air tanah melalui lubang pori atau kolam resapan, penanaman pohon, daur ulang air limbah, tidak membuang sampah dan air limbah ke sumber air termasuk sungai, membangun kolam penampungan air, dan lainnya.
Mari menjadikan Hari Air Sedunia sebagai momentum memperkuat komitmen kita menjadikan Jakarta Hijau.. Jakarta yang berkecukupan air bagi semua.. tanpa pandang bulu.

 

WhatsApp Image 2019-03-24 at 4.15.25 PM

Check Also

IMG_9914

Diskusi Pojok Iklim: Green Growth and Sustainability

Jakarta, 15 Mei 2019.¬†Pojok Iklim merupakan kelompok kerja/forum yang dibentuk untuk mendukung Dewan Pertimbangan Pengendalian …