Home / Kliping / “Parah, Tiba-tiba Ikan di Kali Ancol Mati, Kemungkinan karena Limbah”
Seorang petugas tengah membersihkan sampah yang mengambang di Kali Ancol, Jakarta Utara, Rabu (25/7/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Seorang petugas tengah membersihkan sampah yang mengambang di Kali Ancol, Jakarta Utara, Rabu (25/7/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

“Parah, Tiba-tiba Ikan di Kali Ancol Mati, Kemungkinan karena Limbah”

JAKARTA, KOMPAS.com – Puluhan ikan jenis mujair dan lele ditemukan mati mengambang di Kali Ancol, tepatnya di Pintu Air Flushing Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (24/3/2019). Petugas Sudin SDA yang berjaga di Pintu Air Flushing Ancol Eko menyebutkan kejadian ini merupakan yang terparah tiga bulan terakhir. “Ini parah tiba-tiba pada mati begini, jadi enggak ada yang mancing,” ujar Eko. Eko menduga matinya ikan karena kondisi air kali yang tercemar. Sebab kondisi air Kali Ancol nampak berwarna hitam pekat.

“Kemungkinan ini karena air limbah. Biasanya juga enggak begini, ini kan warnanya item tuh,” katanya. Menurut Eko sepanjang bantaran Kali Ancol di dekat Pintu Air Flushing merupakan salah satu lokasi mancing favorit masyarakat, terutama di akhir pekan. “Sekarang jadi sepi orang mancing, habis ikannya pada mati,” lanjut Eko. Petugas pintu air akhirnya menjaring puluhan ikan mati tersebut agar tidak semakin mengotori air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “”Parah, Tiba-tiba Ikan di Kali Ancol Mati, Kemungkinan karena Limbah””, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/24/19353461/parah-tiba-tiba-ikan-di-kali-ancol-mati-kemungkinan-karena-limbah.
Penulis : Tatang Guritno
Editor : Dian Maharani

Check Also

Kondisi Bantaran Kali Ciliwung di Jalan Kebon Pala Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarta Timur Pasca Pembersihan Reklamasi, Senin (19/8/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

Harapan Warga dan Langkah Pemkot Setelah Pembongkaran Reklamasi Kali Ciliwung

JAKARTA, KOMPAS.com – Daratan buatan atau reklamasi di bantaran Kali Ciliwung, Jalan Kebon Pala Tanah …