Home / Kliping / Atasi Pencemaran Limbah, IPAL di Jakarta Utara Akan Dibangun 2020
3479793968

Atasi Pencemaran Limbah, IPAL di Jakarta Utara Akan Dibangun 2020

JAKARTA,KOMPAS.com – Kepala Seksi Perencanaan Air Baku Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Elisabeth Tarigan mengatakan, instalasi pengolahan air limbah (IPAL) akan dibangun di wilayah Jakarta Utara tahun 2020. Pengadaan IPAL dapat mengatasi sungai-sungai yang kotor di DKI Jakarta. “Planning (rencana pembangunan) tahun depan akhir,” katanya dihubungi Kompas.com, Senin (25/3/2019). Elisabeth mengatakan, ada tiga lokasi IPAL di Jakarta Utara yang terbagi dalam beberapa zona. “Zona 1 berada di Waduk Pluit, Zona 2 ada pada Waduk Muara Angke, dan Zona 5 di Waduk Sunter Utara,” sebut Elisabeth.

Lebih lanjut, Elisabeth menyebutkan saat ini proses pengerjaan sedang dalam tahap sosialisasi. “Untuk tahun ini sedang berjalan review detail engineering design (DED) nya dan segera lakukan sosialisasi,” pungkasnya. Sebelumnya, saat Musrenbang di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pentingnya pengolahan limbah. Sebab jika Jakarta diibaratkan sebuah rumah, masyarakat dihimbau untuk tidak hanya mengurus ruang tamu, tengah, atau pun dapurnya saja. “Tapi juga toiletnya harus diurus, jika tidak rumah itu akan menjadi tidak baik,” imbaunya. Pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Jakarta Utara, Selasa (19/3/2019) pekan lalu Anies juga mengatakan IPAL menjadi salah satu proyek penting di Jakarta Utara. “Jakarta Utara harus siap-siap menjadi tuan rumah stadion sepakbola berskala internasional, ITF pengelolaan sampah pertama di Indonesia, serta pembangunan IPAL zona satu, dua, dan lima,” ujar Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Atasi Pencemaran Limbah, IPAL di Jakarta Utara Akan Dibangun 2020”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/25/20130891/atasi-pencemaran-limbah-ipal-di-jakarta-utara-akan-dibangun-2020.
Penulis : Tatang Guritno
Editor : Dian Maharani

Check Also

Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Sungai Ciliwung Akan Jadi Destinasi Wisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah menggodok implementasi rencana menjadikan Sungai Ciliwung …