Home / Kegiatan / Kunjungan World Wild Fund for Nature (WWF)
IMG_8928

Kunjungan World Wild Fund for Nature (WWF)

Jakarta, 27 Maret 2019. World Wild Fund for Nature (WWF) Indonesia melakukan kunjungan ke kantor Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) dalam rangka menawarkan peluang kerjasama di bidang pelestarian lingkungan, khususnya terkait penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). WWF Indonesia merupakan salah satu yayasan konservasi independen terbesar di Indonesia yang telah memulai kegiatannya sejak tahun 1962. Visi WWF Indonesia adalah “Ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia terjaga dan dikelola secara berkelanjutan dan merata, untuk kesejahteraan generasi sekarang dan yang akan datang”. Kegiatan utama WWF selain sebagai promotor pelestarian lingkungan, juga untuk memberikan advokasi terhadap masyarakat, pemerintah, maupun swasta/pelaku industri. Dalam kaitan ini, pihak WWF menyampaikan bahwa WWF tertarik untuk menjalin kerjasama jangka panjang dengan Pemprov DKI untuk mengurangi Emisi GRK.

Bapak Deputi TRLH menyambut niat baik WWF dan menyampaikan bahwa saat ini Pemprov DKI sedang mencoba pendekatan kolaboratif sebagai upaya penanganan berbagai isu pelestarian lingkungan. Pendekatan kolaboratif merupakan pendekatan perencanaan pembangunan yang mengutamakan komitmen dan konsensus dari seluruh pemangku kepentingan (masyarakat, pemerintah, swasta). Pendekatan tersebut ditranslasikan dalam bentuk Dokumen Desain Besar, yang mana akan menjabarkan isu, strategi penanganan/solusi, dan rencana aksinya. Deputi TRLH berharap agar jalin kerjasama dengan WWF dapat berlangsung lama, dan menyampaikan agar WWF pada kesempatan selanjutnya dapat secara detail menjelaskan kegiatan yang mereka tawarkan kepada Pemprov DKI.

 

IMG_8929 IMG_8930

Check Also

IMG-20190812-WA0018

Lokakarya Program Ambitious City Promises/Ikhtiar Jakarta: Peran Komunitas Keagamaan

Bogor, 8 Agustus 2019. Yayasan ICLEI – Local Government for Sustainability menyelenggarakan lokakarya dalam rangka merumuskan aksi prioritas, target, dan …