Home / Kegiatan / Menyambut Kunjungan Walikota Busan
IMG_8955

Menyambut Kunjungan Walikota Busan

Jakarta, 27 Maret 2019. Walikota Busan, Oh Keo-don, bersama jajarannya melakukan kunjungan ke DKI Jakarta dalam rangka menjalin silahturahmi dengan Pemprov DKI sekaligus menyiapkan The 33rd Executive Committee Meeting and  Tourism Promotion Organization (TPO) Travel Trade 2019 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada akhir Bulan Mei 2019. Walikota Busan disambut oleh Plt. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata yang mewakili Gubernur DKI Jakarta, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan Perwakilan Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN). Pada kunjungan tersebut, turut hadir juga Sekretaris Jenderal Tourism Promotion Organization (TPO) mendampingi Walikota Busan.

Plt. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata menyampaikan bahwa Busan, sebagai kota terbesar kedua di Korea Selatan, memiliki banyak pengalaman di berbagai sektor pembangunan yang dapat dijadikan pembelajaran bagi DKI Jakarta. Beberapa sektor pembangunan yang menjadi daya tarik Busan seperti (i) pengelolaan wilayah pesisir; (ii) pariwisata dan MICE; dan (iii) pengembangan infrastruktur kota, utamanya infrastruktur kelautan.

Sebelum menanggapi hal tersebut, Walikota Busan terlebih dahulu menyampaikan apresiasi  kepada Jakarta karena telah sukses menyelenggarakan ASIAN Games 2018, sekaligus memberikan selamat terkait peresmian MRT. Walikota Busan melanjutkan bahwa Busan dan Jakarta pada dasarnya memiliki karakteristik yang sama, terutama fungsinya sebagai kota logistik. Oleh sebab itu, Busan dan DKI Jakarta dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman mengenai pengelolaan transportasi darat dan laut.

Terkait dengan kepariwisataan,  Busan saat ini sedang mendorong perusahaan tour dan travel di dunia, termasuk perusahaan dari Indonesia, untuk dapat mempriotaskan Busan sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Korea Selatan. Selain wisata alam dan wisata kota, Busan juga fokus dalam pengembangan pariwisata MICE. Walikota Busan menyampaikan bahwa saat ini, DKI Jakarta memiliki jumlah kegiatan dan potensi MICE yang jauh lebih besar daripada Busan. Contoh nyatanya seperti penyelenggaran The 33rd Executive Committee Meeting and  Tourism Promotion Organization (TPO) Travel Trade 2019. Hal  ini dapat menjadi pembelajaran positif bagi Busan.

DKI Jakarta pada dasarnya sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan Busan pada masa mendatang. Walikota Busan menyambut baik hal tersebut dan menanti kunjungan DKI Jakarta ke Busan, terutama untuk berpartisipasi dalam Rapat Besar (General Assembly) TPO pada bulan September 2019.

 

IMG_8940 IMG_8937

 

 

Check Also

IMG_9914

Diskusi Pojok Iklim: Green Growth and Sustainability

Jakarta, 15 Mei 2019. Pojok Iklim merupakan kelompok kerja/forum yang dibentuk untuk mendukung Dewan Pertimbangan Pengendalian …