Home / Kliping / Anies Sebut Warga DKI Pengguna Transportasi Umum Turun Jadi 23%
Gubernur DKI Anies Baswedan (Agung Pambudhy/detikcom)
Gubernur DKI Anies Baswedan (Agung Pambudhy/detikcom)

Anies Sebut Warga DKI Pengguna Transportasi Umum Turun Jadi 23%

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut masyarakat Ibu Kota yang menggunakan transportasi umum hanya 23%. Anies mengatakan persentase ini lebih rendah dari dua puluh tahun lalu.

“Menurut data tahun 1998, 48% penduduk Jakarta menggunakan kendaraan umum. Tahun ini, jadi 20 tahun kemudian, angkanya turun menjadi 23%. Jadi dulu, setengah penduduk (DKI) menggunakan kendaraan umum, sekarang tinggal seperempat,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Anies menegaskan negara tidak boleh mendiamkan kondisi ini terjadi berlarut-larut. Menurut eks Mendikbud itu, pemerintah harus bisa menghadirkan fasilitas agar warga DKI beralih menggunakan transportasi umum.

“Negara tidak boleh diam. Kita harus sama-sama menyusun sebuah fasilitas kendaraan umum massal sehingga masyarakat bisa menggunakan,” ujar Anies.

Anies juga memberi contoh dengan menggunakan moda raya terpadu (MRT) untuk berangkat kerja pagi tadi. MRT dan moda transportasi massal lainnya, sambung Anies, merupakan solusi kepadatan di Ibu Kota.

“Tadi pagi saya berangkat ke kantor dengan menggunakan MRT. Transportasi umum massal itu mau tidak mau harus menjadi jawaban atas kota sepadat Jakarta. Dan itu artinya kita harus membangun sistem transportasi yang terintegrasi, di mana kendaraan umum massal menjangkau hampir semua wilayah Jakarta dengan jarak bagi pengguna paling tidak itu 500 meter,” kata Anies.

Saat ini MRT masih diuji coba sampai 24 Maret 2019. Sedangkan tarif MRT belum selesai dibahas di DPRD DKI Jakarta.

“Insyaallah selesai, saya rasa perlu waktu memang, tapi hitung-hitungnya yang sudah ada, hitungan investasinya ada, biayanya ada, jadi sesuatu yang perlu waktu saja untuk dibahas,” ucap Anies.

 

Artikel ini telah tayang di news.detik.com pada tanggal 13 Maret 2019, dengan judul “Anies Sebut Warga DKI Pengguna Transportasi Umum Turun Jadi 23%”, https://news.detik.com/berita/d-4465313/anies-sebut-warga-dki-pengguna-transportasi-umum-turun-jadi-23?_ga=2.237002119.605475664.1553732532-1548559948.1447913529

Reporter : Arief Ikhsanudin

Check Also

Kondisi Bantaran Kali Ciliwung di Jalan Kebon Pala Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarta Timur Pasca Pembersihan Reklamasi, Senin (19/8/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

Harapan Warga dan Langkah Pemkot Setelah Pembongkaran Reklamasi Kali Ciliwung

JAKARTA, KOMPAS.com – Daratan buatan atau reklamasi di bantaran Kali Ciliwung, Jalan Kebon Pala Tanah …