Home / Kliping / Dorong Warga Jadi “Smart Citizen”, Qlue Gelar “Smart Citizen Day”
Pembacaan Deklarasi Smart Citizen dalam acara Smart Citizen Day di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).(KOMPAS.com/ ARDITO RAMADHAN)
Pembacaan Deklarasi Smart Citizen dalam acara Smart Citizen Day di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).(KOMPAS.com/ ARDITO RAMADHAN)

Dorong Warga Jadi “Smart Citizen”, Qlue Gelar “Smart Citizen Day”

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan aplikasi Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar acara Smart Citizen Day di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019) hari ini. Acara tersebut diramaikan Deklarasi Warga Cerdas yang disampaikan oleh 34 pemuda-pemudi yang mewakili provinsi mereka masing-masing. CEO sekaligus Founder Qlue Rama Raditya mengatakan, ke-34 deklarator tersebut diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun daerahnya. “Mereka menjadi agen perubahan di masing-masing daerahnya sehingga pemda di 34 provinsi tersebut bisa juga lebih aktif menjawab keluhan warga,” kata Rama kepada wartawan.

Rama berharap, warga dapat terdorong untuk melaporkan segala keluhan yang ada di tempat tinggalnya ke pemerintah setempat menggunakan teknologi informasi yang ada. Menurut Rama, hal itu dapat membuat pemerintah derah setempat lebih cepat menyelesaikan persoalan-persoalan yang dialami oleh warga. “Harapan kita adalah secepat-cepatnya warga Indonesia aktif berpartisipasi melakukan perubahan positif dengan cara melaporkan ke pemerintah dan pemerintah merespons dengan baik,” kata Rama.

Rama pun mencontohkan keberhasilan Qlue mengurangi sejumlah masalah di Jakarta dengan cara menjembatani keluhan masyarakat kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Acara Smart Citizen Day yang juga terdiri dari beberapa sesi diskusi panel itu dihadiri sejumlah tokoh antara lain Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution serta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dorong Warga Jadi “Smart Citizen”, Qlue Gelar “Smart Citizen Day””, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/28/15364951/dorong-warga-jadi-smart-citizen-qlue-gelar-smart-citizen-day.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Icha Rastika

Check Also

Kondisi Bantaran Kali Ciliwung di Jalan Kebon Pala Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarta Timur Pasca Pembersihan Reklamasi, Senin (19/8/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

Harapan Warga dan Langkah Pemkot Setelah Pembongkaran Reklamasi Kali Ciliwung

JAKARTA, KOMPAS.com – Daratan buatan atau reklamasi di bantaran Kali Ciliwung, Jalan Kebon Pala Tanah …