Home / Kliping / Qlue Masih Jadi Andalan Warga DKI Kirim Aduan
Founder sekaligus CEO Qlue Rama Raditya (kanan) dalam acara Smart Citizen Day, Kamis (28/3/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Founder sekaligus CEO Qlue Rama Raditya (kanan) dalam acara Smart Citizen Day, Kamis (28/3/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Qlue Masih Jadi Andalan Warga DKI Kirim Aduan

JAKARTA, KOMPAS.com- Aplikasi Qlue masih menjadi andalan bagi warga Jakarta untuk mengadukan masalah perkotaan yang mereka temui sehari-hari. Founder sekaligus CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, 90 persen aduan masyarakat Jakarta yang ditampung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masuk lewat Qlue. “Kanal dari pelaporan itu banyak, ada delapan. Kita lihat total setiap bulan orang melapornya itu 90 persen masih melapor di Qlue,” kata Rama dalam acara Smart Citizen Day, Kamis (28/3/2019). Rama menuturkan, persentase aduan lewat Qlue yang ditindaklanjuti pun cukup tinggi yaitu berada di angka 87 persen dengan nilai rata-rata bintang empat.

Rama melanjutkan, jumlah aduan yang masuk ke dalam Qlue pun terus meningkat setelah sempat menurun usai pergantian Gubernur DKI Jakarta pada 2017 silam. “Dan trennya di kuartal 1 ini meningkat, saya lupa angkanya kuartal 1 ini berapa tapi menigkat dari kuartal 4 2018,” ujar Rama. Rama melanjutkan, aplikasi Qlue yang kini sudah bisa diakses lewat gawai berbasis iOs diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna dan aduan yang masuk ke dalam Qlue.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Qlue tidak menjadi prioritas dalam menampung aduan warga. Sebab, Pemprov juga mempunyai kanal-kanal lainnya seperti media sosial. “Jadi misalnya warga yang menggunakan Twitter bisa menggunakan Twitter, bisa lewat FB, Instragram, saluran pengaduan sekarang dibuat ada 8 dengan begitu maka tidak harus menggunakan satu channel saja, bisa channel apa saja, boleh,” kata Anies.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Qlue Masih Jadi Andalan Warga DKI Kirim Aduan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/28/19251801/qlue-masih-jadi-andalan-warga-dki-kirim-aduan.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Dian Maharani

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …