Home / Kliping / Cegah Sampah di Area Stasiun, MRT Sosialisasikan Slogan TSP
Banner sosialisasi denda bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan di stasiun MRT.(KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)
Banner sosialisasi denda bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan di stasiun MRT.(KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)

Cegah Sampah di Area Stasiun, MRT Sosialisasikan Slogan TSP

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Moda Raya Transportasi (MRT) Jakarta sedang memberi edukasi kepada para penggunanya terkait penanganan sampah di area stasiun. Saat awal beroperasi Senin (1/4/2019) lalu, sampah-sampah berserakan terlihat di luar sejumlah stasiun MRT Jakarta. “MRT ini kan pertama ada di Jakarta, transportasi baru kan sangat sensitif maka kami sangat mendorong untuk mengurangi sampah,” kata  Division Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam diskusi bertema MRT Zero Waste di Stasiun Dukuh Atas, Sabtu (6/4/2019).

Terkait masalah sampah itu, MRT Jakarta kini mencanangkan slogan TSP yaitu tahan, simpan, pungut. “Jadi jika punya sampah pribadi di tahan dulu, jika tidak ada tempat sampah berarti harus disimpan entah di saku ataupun di tas. Juga pungutlah jika melihat ada sampah yang berserakan,” kata dia. Kamal mengungkapkan, gencarnya MRT Jakarta menekan sampah di stasiun karena kondisi sampah di Jakarta sudah sangat mengkhawatirkan. “Ini ada kaitan dengan kondisi di Jakarta yang menghasilkan 7 ribu ton sampah.per hari. Maka dari diri sendiri harus tahan harus mulai mengurusi sampah masing-masing,” ujarnya. Saat ini, PT MRT Jakarta tak menyediakan tempat sampah di stasiun. Jika menyediakan pun hanya diletakan di beberapa titik, sepertu toilet dan stasiun underground. Hal itu untuk mencegah penumpang makan dan minum apalagi buang sampah di area MRT Jakarta. “Kami saat ini mendorong penumpang untuk peduli sampah seperti sampah sendiri dibawa, terus bawa goodie bag. Karena harus mulai dari diri sendiri,” ujar Kamal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cegah Sampah di Area Stasiun, MRT Sosialisasikan Slogan TSP”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/06/20484701/cegah-sampah-di-area-stasiun-mrt-sosialisasikan-slogan-tsp.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Proses Pengerukan Sedimen Lumpur di Waduk Pluit(KOMPAS.com/JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Endapan Lumpur Tebal, Pengerukan Waduk Pluit Diperkirakan Rampung November

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaksana Pemeliharaan Waduk Pluit Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Ika Agustin …