Home / Kegiatan / Jambore Kewirausahaan Terpadu 2019
3

Jambore Kewirausahaan Terpadu 2019

Mungkin tidak banyak yang mengetahui kalau upaya konservasi itu dapat menghasilkan. Saat ini upaya ini dikenal sebagai wirausaha konservasi atau bisnis konservasi.
Tema ini mengemuka dalam diskusi di acara Jambore Kewirausahaan Terpadu 2019 yang diselenggarakan oleh pengelola Hutan Kota Sangga Buana Kali Pesanggrahan. Tema yang diusung Menggerakkan Semangat Kewirausahaan untuk Maju Bersama.
Sebagai kampiun penyelenggaraan adalah Babe Idin yang merupakan salah satu penerima Kalpataru. Beliau menyebut dirinya sebagai wiraswasta konservasi. Hal ini telah terbukti dari hasil pengelolaan bantaran sungai Kali Pesanggrahan. Telah terbukti puluhan anak muda yang menjadi mitra kerja.. beragam produk mulai dari alat musik tradisional terbuat dari bambu.. aksesoris.. kopi .. madu..
Jadi konservasi bukan ‘cost centre’ tapi sebuah bisnis..ya bisnis konservasi…
Demikian pesan yang mengemuka dalam sesi diskusi pada tanggal 7 April 2019 bertempat di Hutan Kota Pesanggarahan Karang Tengah Jakarta Selatan.
Turut menjadi pembicara pelaku wiraswasta Andar, dan Deputi Gubernur DKI bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup.
Beberapa kata kunci mengemuka seperti kolaborasi pemerintah, swasta dan masyarakat; bisnis konservasi menjanjikan; Fokus pada manajemen produk, manajemen promosi dan manajemen pelanggan;
Inovasi..
Usulan penting diantaranya
Perlunya pemetaan sungai terkait aspek fisik.. sosial.. budaya.. sebagai upaya mendorong kolaborasi.
Mari mulai menghargai keberadaan sungai… Sungai sumber peradaban dulu.. kini.. nanti…

1 2

 

Check Also

IMG_9914

Diskusi Pojok Iklim: Green Growth and Sustainability

Jakarta, 15 Mei 2019.¬†Pojok Iklim merupakan kelompok kerja/forum yang dibentuk untuk mendukung Dewan Pertimbangan Pengendalian …