Home / Kliping / Naturalisasi Sungai DKI Tetap Memungkinkan Betonisasi
Normalisasi Sungai Ciliwung di Kampung Melayu(Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Normalisasi Sungai Ciliwung di Kampung Melayu(Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Naturalisasi Sungai DKI Tetap Memungkinkan Betonisasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusmada Faizal, yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Sumber Daya Air, menjelaskan konsep naturalisasi sungai yang akan dikerjakan Pemprov DKI tak menolak betonisasi seperti yang dikerjakan dalam program normalisasi sungai pemerintah pusat. Yusmada mengemukakan bahwa membeton atau tidak hanya soal teknik menahan longsor. “Jangan dikotomi dengan konsep sheet pile (tanggul, normalisasi). Mau sheet pile, mau beronjong, mau (dibiarkan) tanah, itu hanya teknik menahan tebing dan gerusan,” ujar Yusmada di DPRD DKI Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Ia menjelaskan, dalam konsep naturalisasi, pemerintah tetap meningkatkan kapasitas sungai. Selain itu, ada alternatif lain yakni tidak meningkatkan kapasitas sungai tetapi merekayasa debitnya. “Kalau nanti kapasitasnya kurang sesuai debitnya, kami upayakan lebarkan. Kalau kapasitasnya tidak kami lebarkan, debit air kami kurangi dengan membangun bendung, resapan,” ujar Yusmada. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan aturan naturalisasi sungai dalam Peraturan Gubernur ( Pergub) Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pembangunan dan Revitalisasi Prasarana Sumber Daya Air Secara Terpadu dengan Konsep Naturalisasi. Aturan tersebut diundangkan pada 1 April 2019.

Dalam pergub itu dijelaskan naturalisasi adalah cara mengelola prasarana sumber daya air melalui konsep pengembangan ruang terbuka hijau (RTH) dengan tetap memperhatikan kapasitas tampungan, fungsi pengendalian banjir, serta konservasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Naturalisasi Sungai DKI Tetap Memungkinkan Betonisasi”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/09/19494671/naturalisasi-sungai-dki-tetap-memungkinkan-betonisasi.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Normalisasi Ciliwung, DKI Bebaskan 118 Bidang Tanah Akhir Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini mengatakan, pihaknya akan membebaskan …