Home / Kliping / Kementerian PUPR Minta Anies Jelaskan Rencana Pengelolaan Kolong Tol
Korban kebakaran kolong Tol Pluit, Jakarta Utara, mencari barang-barang yang tersisa dari reruntuhan bangunan yang terbakar, Sabtu (30/3/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Korban kebakaran kolong Tol Pluit, Jakarta Utara, mencari barang-barang yang tersisa dari reruntuhan bangunan yang terbakar, Sabtu (30/3/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Kementerian PUPR Minta Anies Jelaskan Rencana Pengelolaan Kolong Tol

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Surat itu berisi permintaan DKI untuk mengambil alih pengelolaan jalan tol. “Kami sedang bahas dengan Pemda dan kami masih minta rencana detail penggunaannya,” ujar Hedy ketika dihubungi, Kamis (11/4/2019). Hedy mengatakan, detail perencanaan dibutuhkan karena kegiatan yang akan dilakukan di kolong tol berkaitan dengan keamanan konstruksi tol. “Pemda masih sedang menyiapkan rencana detail penggunaannya,” kata dia.

Anies Baswedan menyurati Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk meminta hak pengelolaan kolong tol. Surat itu dikirimkan pada 6 Maret 2019. Dalam surat itu, Anies secara spesifik meminta pengelolaan kolong tol ruas Plumpang-Pluit dan Grogol-Pluit. Namun, ia memastikan seluruh area kolong tol akan diminta untuk dikelola Pemprov DKI. Sejauh ini, menurut Anies, pihaknya baru sebatas menghimpun aneka model pengembangan kolong tol dari berbagai tempat di luar negeri. “Bisa dipakai untuk kegiatan masyarakat, dari kegiatan seni, budaya sampai kegiatan komersial itu bisa dilakukan di bawah situ,” kata Anies di JS Luwansa Hotel Kamis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kementerian PUPR Minta Anies Jelaskan Rencana Pengelolaan Kolong Tol”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/11/21422561/kementerian-pupr-minta-anies-jelaskan-rencana-pengelolaan-kolong-tol.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Sungai Ciliwung Akan Jadi Destinasi Wisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah menggodok implementasi rencana menjadikan Sungai Ciliwung …