Home / Kegiatan / Menerima Audiensi SINTESA (Simpul Interaksi Teater Jakarta Selatan)
WhatsApp Image 2019-04-15 at 3.36.27 PM

Menerima Audiensi SINTESA (Simpul Interaksi Teater Jakarta Selatan)

Jakarta, 15 April 2019. Organisasi SINTESA (Simpul Interaksi Teater Jakarta Selatan) melakukan audiensi ke kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hari ini. Audiensi tersebut disambut oleh Plt. Deputi Gubernur Prov. DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata (Budpar), perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta (Disparbud), perwakilan Pusat Pelatihan Seni dan Budaya Jakarta Selatan (PPSB), Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), Asisten Deputi Bidang Budaya, Asisten Deputi Bidang Pariwisata, dan staf kedeputian Budpar.

Dalam Audiensi tersebut, Bapak Totok selaku perwakilan SINTESA, menyampaikan bahwa ruang/lokasi untuk mengembangkan dan menampilkan seni dan budaya di Kota Jakarta Selatan semakin menurun baik dalam hal kuantitas dan maupun kualitas. Gelanggang Remaja Jakarta Selatan yang dalam perjalanan sejarahnya menjadi lokasi penting dalam pengembangan seni dan budaya di DKI Jakarta, dirasa sangat susah untuk diakses oleh para seniman. Beberapa hal yang mengemuka antara lain:

  1. Fungsi Gelanggang Remaja Kota Jakarta Selatan sebagai lokasi pertunjukan seni dan budaya dirasa telah hilang. Gelanggang yang saat ini dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, lebih difokuskan untuk memenuhi target okupansi (melalui penyewaan tempat) daripada pengembangan kegiatan. Dampak dari hal tersebut adalah berubahnya fasilitas-fasilitas pendukung kegiatan kesenian dalam gedung Gelanggang Remaja.
  2. Aturan tarif retribusi penyewaan gedung dalam Pergub DKI Jakarta No. 5 Tahun 2017 tentang Penyesuaian Tarif Retribusi Pelayanan Olahraga dan Pemuda, dirasa memberatkan seniman dalam melakukan pengembangan seni dan budaya DKI Jakarta, utamanya untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan seni dan budaya yang bersifat non-komersial.

Menanggapi kedua hal tersebut, Plt. Deputi Deputi Gubernur Prov. DKI Jakarta Bidang Budpar mengusulkan dua hal, yaitu:

  1. Pihak SINTESA dapat menyusun dan mengirimkan secara resmi sebuah dokumen ringkas yang menjelaskan tujuan, masalah, dan solusi yang ditawarkan. Termasuk didalamnya rincian mengenai hal-hal yang perlu dibenahi dalam Pergub No. 5 Tahun 2017, terutama terkait pembebasan kewajiban retribusi penggunaan gedung/lokasi.
  2. Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata akan mengundang Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Organisasi SINTESA, serta pihak lain yang terkait, untuk hadir dalam rapat koordinasi yang membahas permasalahan tersebut secara lebih mendalam. Dengan demikian, diharapkan bisa didapat suatu kesepakatan bersama/mufakat terkait solusi dari permasalahan yang disampaikan oleh SINTESA.

 

WhatsApp Image 2019-04-15 at 3.36.28 PM

Check Also

Sesi MetroHUB dalam Isocarp World Congress 2019

Audiensi UN-Habitat

Jakarta, 12 September 2019. Kedeputian Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup …