Home / Kliping / Cegah Banjir, Sudin SDA Jakarta Barat Klaim Bangun 29 Sumur Resapan
KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Genangan air di Jalan Raya Gading Kirana imbas meluapnya Kali Bukit Gading Raya, Selasa (5/3/2019) pagi.
KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Genangan air di Jalan Raya Gading Kirana imbas meluapnya Kali Bukit Gading Raya, Selasa (5/3/2019) pagi.

Cegah Banjir, Sudin SDA Jakarta Barat Klaim Bangun 29 Sumur Resapan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, Imron Syahrin mengatakan, pihaknya sudah membangun 29 Sumur Resapan guna mengantisipasi banjir. Puluhan sumur resapan tersebut tersebar di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Barat. Ia mengatakan, genangan dan banjir merupakan masalah umum yang bisa dijumpai di mana pun di Jakarta. Terutama saat hujan deras, air melimpah tak terkendali. “Sebenarnya air bisa dimanfaatkan, karena itulah dengan sumur resapan kita mengatur manajemen air,” kata Imron saat dihubungi wartawan Senin (15/4/2019).

Ia kemudian mencontohkan efek dari pembuatan sumur resapan di daerah Kedoya. Sebelum sumur resapan dibangun, kawasan tersebut merupakan kawasan langganan genangan saat hujan turun. Namun, sepekan setelah sumur resapan dibangun, genangan mulai tak terlihat di lokasi tersebut. “Air kemudian masuk drainase, genangan kemudian berkurang,” ucapnya.

Adapun sumur resapan itu dibangun berbeda-beda tergantung lokasi pembangunan. Beberapa drainase juga memiliki karakteristik dan kedalaman berbeda dengan kisaran 1-3 meter. Imron mengatakan rancangan drainase vertikal tersebut merupakan rekomendasi dari Dinas Perindustrian dan Energi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cegah Banjir, Sudin SDA Jakarta Barat Klaim Bangun 29 Sumur Resapan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/15/19052001/cegah-banjir-sudin-sda-jakarta-barat-klaim-bangun-29-sumur-resapan.
Penulis : Jimmy Ramadhan Azhari
Editor : Dian Maharani

Check Also

Penampakan lahan buatan dan rumah di bantaran Kali Ciliwung, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019)(KOMPAS.COM/WALDA MARISON)

Menguak Awal Mula Terjadinya Reklamasi Kali Ciliwung hingga Respons Pakar Tata Kota

JAKARTA,KOMPAS.com – Polemik dataran buatan atau “reklamasi” di bantaran kali Ciliwung menjadi topik hangat yang …