Home / Kliping / Hati-hati, Melintas di Bahu Jalan Tol Bisa Kena Denda Rp 500.000
Ilustrasi jalan tol (Kementerian PUPR)
Ilustrasi jalan tol (Kementerian PUPR)

Hati-hati, Melintas di Bahu Jalan Tol Bisa Kena Denda Rp 500.000

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir mengatakan, bahu jalan tol hanya boleh dilintasi dalam keadaan darurat oleh sejumlah petugas dalam melayani masyarakat. “Penggunaan bahu jalan tol hanya untuk petugas dalam keadaan darurat atau prioritas dengan pengawalan Polri sebagai tempat darurat dan insidential seperti petugas Polri, ambulans, petugas bina marga,” kata Nasir saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (16/4/2019). Aturan penggunaan bahu jalan tol tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pada Pasal 41 Ayat 2.

Penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut.

a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat.

b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan.

d. Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang, dan (atau) barang dan (atau) hewan.

e. Tidak digunakan untuk mendahului kendaraan.

Nasir mengatakan, bagi pengendara kendaraan bermotor yang melintasi bahu jalan tol tanpa ijin dapat dikenakan denda sebesar Rp 500.000. “Kalau menggunakan bahu jalan tol melanggar Pasal 287 Ayat (1) dengan ancaman pidana dua bulan atau denda Rp 500.000,” ungkap Nasir. Sebelumnya diberitakan, sebuah video menjadi viral di sosial media lantaran menampilkan seorang pria pengemudi Toyota Fortuner dengan nomor polisi B 1592 BJK yang tampak marah-marah di tengah kemacetan Tol Pancoran, Jakarta Selatan, pada Senin (15/4/2019). Aksi arogan pengemudi Toyota Fortuner tersebut direkam oleh pemilik mobil Honda Brio, Siti Minanda Pulungan. Lalu, ia mengunggah video tersebut ke akun Instagram pribadinya @minandapulungan.

Dalam video tersebut, tampak seorang pria berkemeja putih memaki dan menginjak kap mesin serta atap mobil milik Minanda. “Suasana jalan tol saat itu macet parah. Saya kebetulan ada di jalur lambat (jalur 1). Tiba-tiba, ada mobil dengan nomor polisi B 1592 BJK mau nyalipdari arah bahu jalan sebelah kiri menuju jalur satu.” “Suami saya yang mengendarai mobil saat itu enggak kasih jalan karena seharusnya kalau masuk bahu jalan itu enggak boleh,” kata Minanda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hati-hati, Melintas di Bahu Jalan Tol Bisa Kena Denda Rp 500.000”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/16/13085681/hati-hati-melintas-di-bahu-jalan-tol-bisa-kena-denda-rp-500000.
Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

Check Also

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.(AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado)

Pengamat: Perlu Panitia Khusus untuk Persiapkan Balap Formula E di Tengah Kota Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengamat tata kota Yayat Supriatna menilai pemerintah perlu membentuk panitia khusus jika …