Home / Kliping / Walhi Peringati Hari Bumi: Darurat Sampah, Pulihkan Jakarta Sekarang!
994313215

Walhi Peringati Hari Bumi: Darurat Sampah, Pulihkan Jakarta Sekarang!

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah anggota Wahana Lingkungan Hidup ( Walhi) menggelar aksi dalam rangka memperingati Hari Bumi 2019 pada Senin (22/4/2019). Mereka membawa beberapa spanduk yang bertuliskan ” Jakarta Darurat Ekologi”, “1001 Aksi untuk Bumi”, “Pilih Keadilan Ekologis”, “Darurat Sampah, Pulihkan Jakarta Sekarang”. Empat anggota WALHI memakai kostum berwarna orange seperti petugas prasarana dan sarana umum (PPSU) namun bertuliskan Walhi. Mereka juga mengenakan masker antipolusi sebagai tanda protes.

Selain itu, anggota WALHI juga membawa miniatur bola bumi yang dibuat dari spanduk bekas. Aksi ini mereka gelar dari depan Balai Kota DKI Jakarta, kemudian berjalan kaki menuju Taman Aspirasi, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Dalam aksinya, mereka menuntut agar pemerintah DKI Jakarta memulihkan keseimbangan ekologis  dan pencemaran lingkungan hidup. Kerusakan ekologis yang disorot di antaranya mengenai kondisi sungai di Jakarta, masalah sampah, dan juga polusi udara.

Pemerintah DKI Jakarta masih saja mengabaikan berbagai fakta dan kegentingan yang terjadi. Berbagai krisis belum mampu dijawab dengan solusi yang menyentuh hingga akar maupun substansi persoalan,” ujar salah satu anggota WALHI melalui pengeras suara. Direktur Eksekutif Walhi DKI Jakarta Tubagus Soleh Ahmadi mengatakan, pihaknya mendesak agar Pemerintah DKI Jakarta membuat Ibu Kota berhenti terbebani dari kerusakan ekologis.

“Upaya pemulihan harus dilakukan secara terbuka dan partisipatif bersama warga yang dilakukan secara terukur dan terarah,” kata Tubagus kepada Kompas.com, di Monas. Pihaknya juga mendesak agar pemerintah tegas dalam memberlakukan penegakan hukum mengenai masalah-masalah ekologis ini. Penegakan hukum tersebut, menurut Tubagus dimulai dari pengawasan, review, izin, serta audit kepatuhan lingkungan hidup. “Ini harus diberlakukan ke seluruh industri berpotensi mencemari dan merusakan lingkungan hidup,” ujarnya. Walhi juga meminta agar pemerintah lebih melindungi wilayah kelola rakyat masyarakat ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil dan juga sumber-sumber kehidupan penting di dalamnya. Mereka pun mengakhiri aksinya sekitar pukul 16.00 WIB di Taman Aspirasi Monas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Walhi Peringati Hari Bumi: Darurat Sampah, Pulihkan Jakarta Sekarang!”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/22/17270461/walhi-peringati-hari-bumi-darurat-sampah-pulihkan-jakarta-sekarang.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Dian Maharani

Check Also

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.(AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado)

Pengamat: Perlu Panitia Khusus untuk Persiapkan Balap Formula E di Tengah Kota Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengamat tata kota Yayat Supriatna menilai pemerintah perlu membentuk panitia khusus jika …