Home / Kegiatan / Overseas Market Workshop: Smart Cities and Infrastructure
SC

Overseas Market Workshop: Smart Cities and Infrastructure

Jakarta, 24 April 2019. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hari ini mendapatkan kunjungan workshop yang diselenggarakan oleh PT. Royston Advisory Indonesia dengan tema Smart Cities and Infrastructure. Workshop tersebut diikuti oleh perusahaan-perusahaan Singapura yang bergerak dibidang perdagangan, investasi, dan hubungan industri.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup hadir sebagai salah satu narasumber yang membahas mengenai Jakarta Smart City (JSC). JSC dibangun sebagai pusat informasi Pemprov DKI Jakarta yang menampung berbagai jenis data serta aspirasi masyarakat. beberapa fitur yang dimiliki oleh JSC terkait penjaringan aspirasi seperti sistem pelaporan masyarakat dan e-musrenbang. Sedangkan jenis data yang dimiliki seperti data harga lahan, harga pangan, kondisi lalu lintas melalui cctv, dan lainnya. Selain sebagai pusat informasi, JSC juga berfungsi sebagai instrumen dalam menciptakan peluang kolaborasi lebih tinggi antara pemerintah dan non-pemerintah. Beberapa platform yang telah dikembangkan dan diintegrasikan dengan JSC seperti Open Data (data.jakarta.go.id & smartcity.jakarta.go.id), API Jakarta (api.jakarta.go.id), Pelayanan Jakarta (pelayanan.jakarta.go.id), dan lainnya. Diharapkan platform-platform tersebut dapat mendorong terciptanya transparansi, efisiensi, dan efektifitas, sehingga berimplikasi pada kemudahan proses berbisnis/berusaha di DKI Jakarta.

Disampaikan juga dalam workshop tersebut bahwa tantangan utama dalam penerapan smart city di DKI Jakarta adalah: (i) Belum terbentuknya mindset (pola pikir dan perilaku) masyarakat terhadap penggunaan teknologi(ii) belum adanya standar integrasi sistem antar-SKPD maupun dengan Pemerintah Pusat; dan (iii) perlunya upaya pembentukan 1 single data.

SC3 SC1

Check Also

IMG-20190812-WA0018

Lokakarya Program Ambitious City Promises/Ikhtiar Jakarta: Peran Komunitas Keagamaan

Bogor, 8 Agustus 2019. Yayasan ICLEI – Local Government for Sustainability menyelenggarakan lokakarya dalam rangka merumuskan aksi prioritas, target, dan …