Home / Kegiatan / Kunjungan Organisasi Circle of Blue
blue

Kunjungan Organisasi Circle of Blue

Jakarta, 26 April 2019. Circle of Blue melakukan kunjungan ke kantor Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) dalam rangka mendiskusikan tantangan penyediaan air bersih dan sanitasi di DKI Jakarta. Circle of Blue adalah sebuah organisasi yang melakukan penelitian pada berbagai aspek mengenai krisis air. Sehubungan dengan hal tersebut, Deputi TRLH menyampaikan bahwa tantangan utama DKI Jakarta adalah ketersediaan air. Saat ini Jakarta hanya mampu menyediakan air bersih untuk kurang lebih 60% penduduknya. Selain itu, pencemaran sungai juga menjadi tantangan yang perlu diselesaikan. Pencemaran tersebut terjadi karena pembuangan limbah dari rumah maupun home industry tidak disaring sebelum disalurkan ke sungai.

Beberapa upaya yang dilakukan DKI Jakarta untuk mendapatkan sumber air baru adalah dengan: (i) bekerjasama dengan pemerintah daerah sekitar untuk membangun bendungan; (ii) melakukan pembangunan fasilitas pengelolaan air (water treatment facility); (iii) melakukan pembersihan sungai; (iv) menginisiasi upaya penangkapan air hujan (rainwater haversting); dan (v) pemberlakuan regulasi bangunan gedung hijau dalam rangka menghemat penggunaan air. Disadari juga bahwa selain upaya-upaya diatas, perlu dilakukan penanaman nilai kepada masyarakat atas pentingnya menjaga ekosistem sungai serta penghematan penggunaan air.

blue1

Check Also

IMG_9914

Diskusi Pojok Iklim: Green Growth and Sustainability

Jakarta, 15 Mei 2019. Pojok Iklim merupakan kelompok kerja/forum yang dibentuk untuk mendukung Dewan Pertimbangan Pengendalian …