Home / Kegiatan / Rapat Lanjutan: Persiapan Ujicoba Bus Listrik
kpbb

Rapat Lanjutan: Persiapan Ujicoba Bus Listrik

Jakarta, 26 April 2019. Kedeputian Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) bekerjasama dengan Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) menyelenggarakan rapat lanjutan persiapan ujicoba bus listrik. Rapat tersebut dibuka oleh Deputi TRLH dan turut dihadiri oleh unsur Pemeritah Provinsi DKI Jakarta (Dinas Perhubungan/Dishub, Dinas Lingkungan Hidup/DLH, Dinas Energi dan Industri/DPE, PT Transportasi Jakarta), Operator Bus (PT. Mayasari Bhakti, DAMRI, BYD/Bakri Auto-part, PT. BPW Pahala Kencana), dan International Council on Clean Transportation (ICCT).

Pembahasan utama dalam rapat tersebut adalah (i) Inventarisasi regulasi yang dibutuhkan untuk penerapan bus listrik; dan (ii) Penyusunan daftar kebutuhan teknis menjelang ujicoba bus listrik. Terkait kebutuhan regulasi, dibutuhkan revisi Peraturan Pemerintah (PP) mengenai Pengecualian Pajak Penjualan Atas Barang Mewah sebagai insentif bagi Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) dalam menurunkan emisi karbon dioksida kendaraan bermotor. Beberapa hal lain yang butuh dipertimbangkan untuk diregulasikan adalah: (i) standar umur maksimal kendaraan; (ii) standar fasilitas pendukung kendaraan listrik (contoh: jenis konektor pada charger kendaraan); (iii) legalitas penggunaan kendaraan (contoh: STNK); dan (iv) harga listrik dari PLN serta tarif penggunaan layanan angkutan umum.

Menanggapi hal tersebut, akan disusun matriks daftar kebutuhan-kebutuhan teknis yang perlu diakomodasi dalam regulasi, serta akan disusun flowchart yang menjelaskan alur/langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam ujicoba bus listrik di DKI Jakarta.

 

 

Check Also

IMG-20190812-WA0018

Lokakarya Program Ambitious City Promises/Ikhtiar Jakarta: Peran Komunitas Keagamaan

Bogor, 8 Agustus 2019. Yayasan ICLEI – Local Government for Sustainability menyelenggarakan lokakarya dalam rangka merumuskan aksi prioritas, target, dan …