Home / Kliping / Palyja Belum Sepakat Hentikan Swastanisasi Air, Ini Alasannya
Presiden Direktur PT Palyja Robert Rerimassie dalam journalist workshop PT Palyja, Yogyakarta, Sabtu (27/4/2019).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)
Presiden Direktur PT Palyja Robert Rerimassie dalam journalist workshop PT Palyja, Yogyakarta, Sabtu (27/4/2019).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

Palyja Belum Sepakat Hentikan Swastanisasi Air, Ini Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Direktur PT Palyja Robert Rerimassie mengakui pihaknya belum mencapai kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait penghentian swastanisasi pengelolaan air bersih. Robert mengatakan DKI melalui badan usahanya, PAM Jaya belum memberikan kejelasan nasib. “Kita juga perlu kepastian,” kata Robert kepada wartawan, Sabtu (28/4/2019). Kepastian itu bukan sekadar soal keuntungan bagi Palyja, namun juga menyangkut pelayanan kepada warga di bagian barat Jakarta yang menjadi pelanggan Palyja.

“Yang korban bukan kami, kami korban juga tapi pelayanan masyarakat pasti menurun,” uajr Robert. Robert mengakui memang selama ini pengelolaan air di bawah pihak swasta, yakni Palyja di bagian barat dan PT Aetra Air Jakarta di bagian timur, belum optimal. Namun menurutnya itu dikarenakan DKI sendiri yang tak pasti dalam memberi keuntungan ke Palyja. Perjanjian yang dibuat PAM Jaya dengan Palyja di tahun 1997, mensyaratkan PAM Jaya memberi jaminan keuntungan sebesar 22 persen. Total keuntungan yang masih menjadi utang sebesar Rpp 6,7 triliun.

Padahal menurut Robert, keuntungan itu bisa digunakan untuk menambah jaringan dan memperbaiki pelayanan. “Pelayanan pasti turun kalau enggak ada investasi lagi. Motivasi saya hanya mempertahankan tingkat pelayanan saat ini,” ujar Robert. Kendati demikian, Robert mengaku siap mengikuti keinginan DKI menghentikan swastanisasi air. Pihaknya hanya menagih kepastian dari DKI. “Kita enggak menawarkan apapun. Kita ikutin apa yang dimau PAM Jaya,” kata dia.

PAM Jaya sudah menandatangani kesepakatan awal dengan PT Aetra Air Jakarta. Perusahaan yang melayani pelanggan di bagian timur Jakarta itu setuju mengembalikan konsesi ke PAM Jaya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Palyja Belum Sepakat Hentikan Swastanisasi Air, Ini Alasannya”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/28/12320091/palyja-belum-sepakat-hentikan-swastanisasi-air-ini-alasannya.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Dian Maharani

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-20 at 11.45.56 PM

5 Prioritas Kerja Jokowi – Ma’ruf