Home / Kliping / Pemindahan Ibu Kota Dinilai Dapat Urai Kemacetan Jakarta
Ilustrasi Jakarta (Thinkstock)
Ilustrasi Jakarta (Thinkstock)

Pemindahan Ibu Kota Dinilai Dapat Urai Kemacetan Jakarta

DEPOK, KOMPAS.com – Ahli perkotaan dari Universitas Indonesia Mohammed Ali Berawi mengatakan, rencana pemindahan ibu kota Indonesia dapat mengurai kemacetan di Jakarta. “Dengan adanya pemindahan ibu kota sebenarnya bisa mengurangi kemacetan sekitar 20-30 persen di Jakarta,” ucap Ali saat ditemui di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok, Jawa barat, Selasa (30/4/2019). Menurut dia, pemindahan ibu kota otomatis mengurangi populasi penduduk lantaran memindahkan aparatur sipil Negara (ASN) yang bertugas di Jakarta.

“Kalau seandainya jumlah ASN yang dipindah ditambah jumlah anggota keluarga (ASN), pastinya akan menghasilkan jumlah (orang yang berpindah dari Jakarta) yang cukup signifikan,” ujarnya.  Selain itu, lanjut dia, sebenarnya perkembangan transportasi massal di Jakarta, seperti MRT dan LRT, perlahan sudah mulai mengurai kemacetan.  Dengan demikian, ia memandang positif rencana pemindahan ibu kota.

“Artinya kemacetan bisa terurai, otomatis karena memindahkan ke dalam jumlah yang cukup signifikan. Kemudian yang kedua, otomatis juga terbentuk simpul-simpul kota baru yang dapat menggerakkan urbanisasi dan perpindahan aktivitas ekonomi,” ujar Ali.  Adapun, rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa sedang digodok pemerintahan Joko Widodo. Rencana tersebut tengah dikaji secara matang oleh Bappenas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemindahan Ibu Kota Dinilai Dapat Urai Kemacetan Jakarta”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/05/01/07171291/pemindahan-ibu-kota-dinilai-dapat-urai-kemacetan-jakarta.
Penulis : Cynthia Lova
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Normalisasi Ciliwung, DKI Bebaskan 118 Bidang Tanah Akhir Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini mengatakan, pihaknya akan membebaskan …